INFO PMI SANGGAU
JUMLAH KETERSEDIAAN DARAH PMI SANGGAU >>> GOLONGAN DARAHA : A = B= 0=
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Pengurus DAD Kabupaten Sanggau Masa Bakti 2024-2029 Resmi Dilantik

Avatar photo

Wartakapuas.id Sanggau – Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat, Cornelius Kimha melantik dan mengukuhkan pengurus dewan adat dayak Kabupaten Sanggau masa bakti 2024-2029 di Rumah Betang Raya Dori Mpulor Sanggau, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat, Senin (10/6/2024)

PJ Bupati Sanggau Suherman yang diwakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Sanggau Alipius berharap agar pengurus DAD yang dilantik ini bisa bersama-sama menjadi mitra pemerintah dalam pembangunan dan juga dalam pelestarian adat istiadat dan budaya agar terus berkembang dan tidak punah.

“Harapan kita DAD Sanggau yang baru dilantik ini bisa berkerja dengan baik dan bisa membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat adat dayak. Pemkab Sanggau mengucapkan selamat dan sukses kepada pengurus DAD Sanggau masa bakti 2024-2029, dan sukses selalu kepada pak Yohanes Ontot yang terpilih kembali sebagai Ketua DAD Sanggau,”kata Alipius.

Selain itu, Alipius juga berharap di kepengurusan yang baru ini bisa membawa perubahan terhadap kemajuan masyarakat adat dayak. Dan tentu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi dan perkembangan zaman yang ada saat ini.

“Untuk mengantisipasi itu, jangan melupakan adat istiadat kita, karena adat istiadat adalah cikal bakal, warisan nenek moyang yang harus kita pelihara, kita jaga dan  lestarikan melalui lembaga-lembaga yang ada,”katanya.

“Nah kita berharap supaya DAD Sanggau ini nanti bisa menjadi salah satu organisasi masyarakat dayak yang bisa membawa masyarakat adat dayak menjadi lebih baik kedepan menuju Sanggau yang lebih bermartabat, maju dan terdepan,”jelasnya

Ditempat yang sama Ketua Umum Dewan Adat Dayak (DAD) Kalimantan Barat, Cornelius Kimha berharap kepada Ketua DAD Sanggau Yohanes Ontot dan jajaran pengurus yang baru dilantik dan dikukuhkan, agar dalam kepengurusan organisasi ini semakin rasional dan bermanfaat.

“Tunjukkan bahwa organisasi ini bermanfaat bagi masyarakat adat di Kabupaten Sanggau, supaya betul-betul dapat digunakan untuk membantu kehidupan masyarakat adat yang dalam hal ini berkerjasama dengan Pemda Sanggau dalam membangun sektor kebudayaan, perekonomian, sosial budaya dan lain sebagainya,”katanya.

Dikatakannya generasi muda masyarakat adat dayak, Cornelius berharap agar melestarikan adat istiadat ini dengan tetap mempedomani pengembangan ilmu pengetahuan teknologi dan keimanan.

Sementara itu, Ketua DAD Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot mengatakan bahwa pelantikan ini sesuai dengan bidang-bidang di struktur  kepengurusan yang dibuat, terlebih ada juga bidang yang sangat rasional dan memang bisa dilakukan secara nyata di lapangan.

“Sberharap kepada pengurus-pengurus yang membidangi itu, setelah rapat kerja dan konsolidasi untuk memastikan seperti apa gerak kita di masing-masing bidang. Oleh karena itu, kerjasama ini sudah kita macingkan dengan mitranya pemerintah,”katanya.

Dikatakannya program jangka pendek, akan segera mengkonsolidasikan organisasi ini dengan pengurus yang ada. Kencana kerjanya juga disesuaikan dengan bidang-bidang yang ada dibawah, sehingga nanti semua bidang itu memberikan kontribusi untuk memperkuat DAD Sanggau ini.

“Yang berikutnya, kita berharap tentu komunikasi kita secara terus menerus dengan DAD Kecamatan, karena bagaimanapun DAD Kecamatan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan DAD Kabupaten Sanggau,”tegasnya.

Memasuki pesta demokrasi pada Pilkada serentak tahun 2024 nanti, Ontot berharap agar DAD Kecamatan mampu juga mengkonsolidasikan dengan masyarakat adat yang ada di masing-masing wilayahnya agar bisa menentukan pilihannya secara rasional dan bijaksana.

“Sehingga nanti tidak ada gesekkan-gesekkan terkait dengan Pilkada, masyarakat sudah cerdas dan rasional untuk memilih orang yang memimpin mereka untuk lima tahun kedepan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Sanggau. Kita juga berharap Pilkada ini berjalan dengan lancar,”pungkasnya. (*)