INFO PMI SANGGAU
JUMLAH KETERSEDIAAN DARAH PMI SANGGAU >>> GOLONGAN DARAHA : A = B= 0=
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Wabup Ontot: Gawai Merupakan Ucapan Syukur atas Panen Padi

Avatar photo

Wartakapuas.id Sanggau-Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot mengatakan
Gawai Dayak dalam komunitas masyarakat Adat Dayak adalah wujud rasa syukur atas apa yang telah kita terima dari kemurahan Tuhan sepanjang tahun.

“Gawai Dayak ini juga merupakan even bagi kita untuk  melestarikan adat budaya kita dan menjaga nilai adat leluhur yang sudah ada pada jaman dahulu, agar tidak punah, serta memanfaatkan kebudayaan daerah sebagai modal dasar sumber daya manusia melalui seni budaya,”ujarnya Yohanes Ontot pembukaan gawai dan pemberkatan benih padi di Dusun Sontas, Kecamatan Entikong Rabu (24/5/2023).

Wabup juga mengimbau agar kita memahami pesta panen atau Gawai Dayak, tidak di indentikan dengan pesta pora, Gawai Dayak harus kita maknai, bahwa Tuhan sang pemberi rejeki atas hasil jerih payah kita dslam satu tahun.

“Ia mengajak masyarakat agar dapat mengambil bagian dan peran penting dalam berbagai aspek pembangunan di Kabupaten Sanggau terutama Dusun Sontas ini yang wilayahnya sangat strategis dengan wilayah perbatasan, dengan adanya gawai ini di harapkan Dusun Sontas menjadi wisata budaya kepada masyarakat Serawak yang juga hadir pada gawai hari ini”,tegasnya. (Andi)