INFO PMI SANGGAU
JUMLAH KETERSEDIAAN DARAH PMI SANGGAU >>> GOLONGAN DARAHA : A = B= 0=
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Paolus Hadi Mengajak Kaum Perempuan Untuk Meningkatkan Perannya Dalam Pembangunan

Avatar photo

Wartakapuas.id Sanggau – Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan bahwa kaum perempuan
adalah aset penting suatu bangsa karena tidak hanya berperan sebagai subjek yang mendorong suksesnya pembangunan nasional, melainkan juga objek yang harus diberdayakan dan dilindungi hak-haknya.

”Kita semua harus mendukung agar perempuan bisa mencapai potensi dan peran optimalnya dalam pembangunan nasional dan pada akhirnya akan memberikan sumbangsih terbaik bagi kemajuan Indonesia. upaya ini semata-mata untuk mewujudkan kesetaraan gender melalui pemberdayaan perempuan.” ucapnya Bupati Sanggau, Paolus Hadi pada peringatan Hari Kartini ke-145 Tahun 2023 di Kabupaten Sanggau, di Gedung Balai Betomu Sanggau, Selasa (9/5/2023).

Paolus Hadi katakan bahwa seorang Kartini semasa hidupnya memperjuangkan dan memikirkan hak-hak sosial wanita pribumi pada saat itu. Kartini sadar bahwasanya sesama manusia memiliki status sosial dan derajat yang sama antara laki-laki dan perempuan.

”Semakin dewasa usia Kartini, semakin matang juga pola pikirnya. Kartini sadar bahwa untuk mengubah status sosial wanita pribumi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mendidik wanita pribumi dengan baik. Didikan yang baik akan melahirkan pemikiran dan kesadaran akan pentingnya kesetaraan gender dalam pembangunan. Perjuangan Kartini adalah melawan diskriminasi untuk mendorong perempuan modern untuk bisa melawan stereotipe dari pada perempuan yang ujungnya menjadi ibu rumah tangga saja,” jelas Paolus Hadi.

PH sapaan akrabnya juga menyampaikan bahwa melalui peringatan Hari Kartini ke-145 Tahun 2023 Kabupaten Sanggau ini dirinya mengajak kaum perempuan khususnya di Kabupaten Sanggau untuk bersama-sama meningkatkan peran kita dalam pembangunan, terutama dalam menghadapi kondisi dan tantangan yang ada di depan mata melalui berbagai kegiatan-kegiatan positif dan produktif yang dapat meningkatkan kualitas hidup perempuan serta mengakhiri diskriminasi dan kekerasan.

Ketua TP PKK Kabupaten Sanggau, Arita Apolina selaku Ketua Panitia peringatan Hari Kartini menyampaikan bahwa begitu besarnya perjuangan dan jasa Raden Ajeng Kartini yang berhasil memperjuangkan emansipasi wanita di Indonesia.

“Kartini tumbuh dan menjalani pendidikan modern, dari sanalah Kartini memiliki pandangan bahwa pendidikan bagi perempuan adalah kunci penting bagi emansipasi wanita,” ujar Arita.

Istri Orang nomor satu di Bumi Daranante juga mengatakan Pembangunan di Indonesia sudah selayaknya melibatkan kaum perempuan sehingga diharapkan segala kebijakan yang diambil oleh pemerintah juga berpihak pada kepentingan dan kebutuhan kaum perempuan yang pada akhirnya mendukung kesetaraan gender di berbagai aspek kehidupan,” jelasnya.

‘Tentu Peran perempuan sesungguhnya sangat besar bagi suatu bangsa. Oleh karena itu Perempuan yang cerdas dan hebat tentu saja akan mampu mendidik generasi muda menjadi generasi yang hebat dan bermartabat. Sudah saatnya perempuan Indonesia harus mampu berpikir modern tanpa melupakan kewajiban-kewajibanya, tidak terkungkung dalam pemikiran lama yang hanya akan merendahkan kaum perempuan itu sendiri,” ucapnya.

“Semoga di peringatan Hari Kartini ke-145 ini mendapat  mengobarkan semangat kaum perempuan di Kabupaten Sanggau untuk terus berpartisipasi dalam semua bidang pembangunan guna memperjuangkan terakomodirnya hak-hak perempuan,” tutupnya. (Andi)