INFO PMI SANGGAU
JUMLAH KETERSEDIAAN DARAH PMI SANGGAU >>> GOLONGAN DARAHA : A = B= 0=
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Hadiri Deklarasi ODF Di Desa Binjai, Ini Pesan Bupati Paolus Hadi

Avatar photo

Wartakapuas.id Sanggau – Deklarasi ODF (Open Defecation Free), stop buang air besar sembarangan di Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu dihari oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi di Halaman Kantor Desa Binjai, Selasa (14/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemerintahan Desa Binjai yang pada hari melaksanakan deklarasi ODF.
“Ini merupakan sebuah keberasilan desa dalam merubah perilaku masyarakat dengan menumbuhkan kesadaran kepada masyarakatnya untuk bersepakat tidak lagi melakukan praktik buang air besar sembarangan (SBS) atau yang sering di sebut Open Defecation Free (ODF).”

ODF merupakan penerapan pilar pertama dari lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) yaitu: pertama, stop buang air besar sembarangan (SBS); kedua, cuci tangan pakai sabun (CTPS); ketiga, pengelolaan makanan dan minuman rumah tangga (PMMRT); keempat, pengelolaan sampah rumah tangga (PSRT) dan kelima, pengamanan limbah cair rumah tangga (PLCRT), jelas Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

“Keberhasilan Desa Binjai dalam mencapai ODF tentu tidak terlepas dari dukungan Camat Tayan Hulu selaku pimpinan wilayah (kecamatan) memberikan dorongan kepada desa–desa di wilayahnya dalam mencapai ODF.”

Demikian juga Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau dan Puskesmas Sosok yang selalu memberikan pendampingan dan pembinaan dalam pencapaian desa ODF ini. 

Dengan deklarasi ODF ini maka Desa Binjai merupakan desa pertama di Kecamatan Tayan Hulu yang sudah mencapai desa ODF ke delapan dari delapan desa ODF di Kabupaten Sanggau. Saya berharap ini menjadi motivasi bagi desa-desa lain untuk berlomba-lomba menjadi desa ODF berikutnya, ujar Bupati Paolus Hadi

Bupati, Paolus Hadi juga mengingatkan kepada para camat, bahwa salah satu kesepakatan pada beraum’p bekudok’ng tahun 2019, bahwa setiap kecamatan minimal meng ODF kan satu desa setiap tahun. “Sehingga saya berharap kecamatan-kecamatan lain agar berupaya mendorong desa di wilayah kerjanya untuk mewujudkan desa ODF dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada di wilayah kecamatan. Saya juga berharap, ditahun 2023 ini semakin banyak desa di Kabupaten Sanggau yang mencapai ODF bahkan ODF tingkat kecamatan,” harap Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

“Sedangkan desa yang saat ini sudah ODF saya minta dapat ditingkatkan menjadi (Desa STBM) yaitu desa yang sudah mempraktikkan ke lima pilar STBM dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya. (Andi)