INFO PMI SANGGAU
JUMLAH KETERSEDIAAN DARAH PMI SANGGAU >>> GOLONGAN DARAHA : A = B= 0=
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Menghadiri Ritual Adat Natokng Penanaman Pante’ek Pedagi Sub Suku Dayak Taba, Ini Pesan Bupati Sanggau

Avatar photo

Wartakapuas.id Sanngau – Bupati Sanggau, Paolus Hadi, menutup rangkaian kegiatan Ritual Adat Natokng Penanaman Pante’ek Pedagi sub suku Dayak Taba ujukng Desa Melobok, Kecamatan Meliau, Minggu (26/02/2023).

“Terima kasih kepada masyarakat Desa Melobok yang sudah mengundang dalam ritual adat ini, dan dapat menyaksikan secara angsung ritual adat Natokng, Karena
Selama ini  saya hanya sering mendengar bahasa Pantak, pedagi, pontok, ini merupakan tradisi peninggalan orang tua kita,” ujarnya.

Bupati Sanggau dua periode, mengatakan bahwa Kita sebagai orang dayak tidak ada salahnya hormat kepada leluhur dan Ini PR untuk dikbud untuk mencari sejarah dari pante’ek ini, sehingga kami dari pemerintah yang harus menjaganya,” tegasnya.

“Apa yang kita saksikan tadi, ritual-ritual adat yang sudah kita laksanakan, itu semua harus kita hargai, saya tegaskan kepada anak-anak generasi muda, apapun yang sudah berbau adat, itu nilainya besar, kalian harus ingat, kalian harus melestarikan peninggalan leluhur kita,” jelasnya

Orang nomor satu di Bumi Daranante ini, minta kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk menelusuri sejarah Pante’ek ini, telusuri asal muasalnya sehingga ini bisa dijadikan cagar budaya dan bisa di kelola.
“Pesan saya kepada dinas terkait, ini bisa kita ekspose, ritual ini bisa kita agendakan, bisa kita kunjungi, dan ada dananya, kalian harus masuk kan ke cagar budaya, sehingga bisa di tata dengan baik,” tutupnya. (Andi)