INFO PMI SANGGAU
JUMLAH KETERSEDIAAN DARAH PMI SANGGAU >>> GOLONGAN DARAHA : A = B= 0=
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Wabup Ontot: Hadiri Penanaman Pante’ek Pedagi Sub Suku Dayak Taba

Avatar photo

Wartakapuas.id Sanggau – Ditengah perkembangan teknologi masyarakat adat tetap harus berupaya melestarikan adat budaya dan leluhur.

“Masyarakat Adat Taba tentu sudah lama menginginkan bagaimana kita mengembalikan adat istiadat peninggalan leluhur kita,” Ujar Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot,  saat menyaksikan Penanaman Pantae’ek Pedagi Sub Suku Dayak Taba Desa Melobok, Kecamatan Meliau. Kamis (23/02/2023).

“Kita ingin peninggalan leluhur kita yang sudah di tinggalkan ratusan tahun, hari ini kita harus bisa menyaksikannya, karena di zaman sekarang kemajuan teknologi membuat peninggalan-peninggalan ini sudah sedikit menghilang,” tuturnya Yo sapaan akrabnya.

Ia juga menjelaskan bahwa iman dan kebudayaan adalah sebuah satu kesatuan yang tak terpisahkan. Oleh karena itu, saya berharap kita yang tua ini harus bisa memberikan pemahaman kepada yang muda-muda, karena bagaimanapun adat istiadat ini harus ada di tengah-tengah kemajuan bangsa,” harapnya

Wakil Bupati Sanggau yang juga sebagai Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sanggau Yohanes Ontot juga berpesan agar masyarakat adat Dayak tetap melestarikan adat budayanya serta menggali dan memeliharanya.

“Ke depan budaya-budaya seperti ini dapat menjadi situs cagar budaya untuk menjadi aset pemerintah daerah dan masyarakat adat khususnya sub suku Dayak Taba Ujukng,” tegasnya. (Andi)