banner 728x250 banner 728x250

Minimnya Tempat Pembuangan Sampah di Balai Karangan

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Ketersediaan Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara di Balai Karangan, Kecamatan Sekayam, Kabupaten Sanggau masih minim. Saat ini, rata-rata kondisi TPS dalam keadaan jebol sehingga tumpukan sampah meluber disekitarnya.

Camat Sekayam Junaidi mengatakan, TPS yang ada sekarang merupakan bantuan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sanggau beberapa tahun lalu. Namun, ukurannya kecil dan tidak cukup menampung volume sampah.

“Ada TPS dibeberapa titik, namun belum mencukupi karena volumenya kecil. Kami sudah memohon ke (Dinas) Lingkungan Hidup juga untuk bantuan bak sampah itu,” kata Junaidi, Senin (2/1/2023).

Junaidi menyebut, pihak kecamatan ingin menambah TPS. Namun, keinginan tersebut masih berbenturan dengan lokasi penempatan TPS.

“Penempatan TPS yang ada sekarang sudah mendapat izin dari pemilik tanah. Nah, tapi kalau mau menambah TPS, pemilik lahannya masih agak keberatan, jadi kami perlu juga lobi-lobi ke pemilik tanah,” ujar dia.

Ia menuturkan pengelolaan sampah sekarang dilakukan kolektif oleh petugas kebersihan kecamatan sebelum diangkut ke tempat pembuangan akhir. Tapi karena volume sampah tidak sebanding dengan jumlah petugas, maka pemungutan sampah dilakukan bergilir.

“Sekarang kami yang mengangkut, kami jemput sampahnya ke toko-toko dan rumah warga, kemudian kami buang ke tempat pembuangan akhir di Bantan. Tapi ada juga masyarakat yang langsung membuang sampahnya ke tempat pembuangan akhir,” pungkas Camat Sekayam ini. (*)

error: Content is protected !!