banner 728x250 banner 728x250

Pemkab Sanggau Salurkan Bantuan Alsintan dan Saprodi kepada Kelompok Tani

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sanggau melalui Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perikanan (DKPTPHP) Kabupaten Sanggau menyalurkan alat dan mesin pertanian (Alsintan) dan Penyaluran sarana produksi (Saprodi) kepada sejumblah kelompok tani yang ada di Sanggau di Halaman Kantor DKPTPHP Sanggau, Rabu (21/12/22)

“Alsintan dan Saprodi yang diserahkan ke kelompok tani tersebut untuk mebantu petani agar dapat meproduksi hasil pertanianya demi mendukung ketahanan panagan di Kabupaten Sanggau”, tutur  Kadis DKPTPHP Sanggau, Kubin.

Kubin menyampaikan bahwa hari ini kita bersama Wakil Bupati Sanggsu, Yohanes Ontot menyerahan sebayak 4 untit Kultivator dan 140 Alat penyemprot Hand Sprayer, pupuk dan pengendali gulma atau yang biasa disebut herbisida, terangnya.

“Kami dari awal telah merencanakan dan kami harus konsisten dalam rangka ketersediaan pangan yang didukung oleh budidaya, tentu kita harus melaksanakan panca usaha tani dengan pengelolaan awal tanah dan tentu itu harus menggunakan Kultivator, setelah itu untuk mebasmi hama penyakit atau gulma kita menggunakan herbisida dan hand sprayer,” jelasnya.

Ia juga konsisten untuk menjadikan petani di Sanggau menjadi produsen baik untuk diri sendiri maupun untuk mencukupi kebutuhan pasar. Oleh sebab itu para petani natinya harus komitmen untuk dapat meproduksi hasil tani terus menerus, jangan sampai selesai program selesai juga meproduksi lahan pertanianya, pungkasnya.

Pada kesempatannyang sama Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot berharap agar hasil panen dapat maksimal. Oleh karena itu harapan besar pemerintah tentu ini sebagai salah satu instrument agar mencapai hasil pertanian yang maksimal,” ucap Yohanes Ontot.

“Kegiatan ini juga sebagai salah satu dukungan dari Pemerintah agar mengantisipasi sektor pangan dengan baik,” jelasnya.

Lanjut Ontot, sapaan akrab Wakil Bupati Sanggau, bahwa ini juga salah satu upaya memenuhi kebutuhan pangan yang berkualitas untuk mengatasi stunting. Oleh karena itu dengan hasil pertanian yang baik, merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menurunkan angka stunting,” ucap Yohanes Ontot.

“Harapan saya agar semua yang terlibat untuk terus berkolaborasi dengan baik, karena hal ini harus dilaksanakan secara sustainable atau berkelanjutan,” ujar Yohanes Ontot.

Kebijakan harus diamankan dan dilaksanakan sehingga menghasilkan hasil yang diharapkan dengan terlaksananya kebijakan itu,” tutupnya. (Andi)

error: Content is protected !!