banner 728x250

Hadiri Wisuda PSDKU Polnep Sanggau, Bupati Sanggau Ajak Wisudawan Buka Celah Dunia

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Bupati Sanggau Paolus Hadi hadir pada acara Wisudawan/i yang ke- II lulusan program pendidikan diploma III program studi di luar kampus utama (PSDKU) Poleteknik Negeri Pontianak di Kabupaten Sanggau tahun akademik 2021/2022 yang bertempat di Aula GPU Kabupaten Sanggau. Senin, (17/10/2022)

“Sebanyak 119 Wisudawan/i yang ke-II lulusan program pendidikan diploma III program studi di luar kampus utama (PSDKU) Poleteknik Negeri Pontianak di Kabupaten Sanggau tahun akademik 2021/2022 per prodi sebagai berikut: Prodi D3 Teknologi Mesin 19, Prodi D3 Akuntansi 73 danProdi D3 Pengelolaan Hasil Perkebunan 27

banner 728x250

Dalam kesempatan tersebut Direktur Poleteknik Negri Pontianak Muhammad Toasin Asha, menyampaikan bahwa  Penyelenggaraan PSDKU Polnep di Kabupaten Sanggau yang merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kabupaten Sanggau dengan Politeknik Negeri Pontianak secara kelembagaan PT (Polnep) dan Pemda Kabupaten Sanggau bertujuan untuk: yang pertama meningkatkan relevansi akses dan pemerataan pendidikan, khususnya pendidikan tinggi, sehingga APK (Angka Partisipasi Kasar) PT meningkat dan angka rata-rata lama sekolah juga menjadi naik, yang kedua meningkatkan mutu, dan relevansi penelitian ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung Pembangunan Nasional dan yang ketiga meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dan kualitas hidup masysarakat dengan meningkatnya IPM (Indeks Pembangunan Manusia), khsusnya di Kabupaten Sanggau, ujarnya.

“Berkat komitmen yang tinggi oleh Pemda Kabupaten Sanggau di bawah Kepemimpinan Bupati Sanggau Paolus Hadi terhadap penyelenggaraan PSDKU Polnep di sanggau ini telah berdampak baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap IPM Kab. Sanggau. Oleh karena itu, beradasarkan data yg dikeluarkan BPS, angka IPM Kabupaten Sanggau tahun 2021 mencapai 66,20 meningkat 0,43 poin atau 0,65 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Peningkatan IPM tahun 2021 di Kabupaten Sanggau menjadi yang terbesar kedua se-Kalbar, di bawah Kota Pontianak”, tutur Muhammad Toasin Asha

Lanjut Muhammad Toasin Asha, menyampaikan bahwa Pelaksanaan Tri Dharma PT, khususnya proses pembelajaran di PSDKU POLNEP Sanggau, telah berjalan dengan tertib dan lancar baik perkuliahan teori maupun pelaksanaan praktik/praktikum serta praktek kerja lapangan. Bahkan prestasi akademik dan non akademik (olah raga dan seni) mahasiswa PSDKU POLNEP Sanggau tidak kalah dengan mahasiswa yang ada di kampus utama Pontianak. Katanya.

“Persaingan global saat ini, tidak lagi cukup mengandalkan sumberdaya alam saja, tanpa dukungan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu, peningkatan tingkat pendidikan masyarakat menjadi sangat penting. Jika SDA yang kita miliki dikelola oleh SDM yang berkualitas, maka produk hasil pengelolaan SDA itu akan mempunyai nilai tambah yang sangat tinggi”, harap Direktur Poleteknik Negri Pontianak Muhammad Toasin Asha.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi mengucapkan puji syukur di tahun ini kita dapat hadir dalam wisudawan/i Ke-II PSDKU Polnep Pontianak di Kabupaten Sanggau.
“Untuk hari ini saya sebagai Bupati sangat bangga dan ini yang keduakali saya menghadiri wisuda PSDKU Polnep Pontianak di Kabupaten Sanggau. Sabang Merah (Sanggau bangga mengukir sejarah) akhirnya sudah total wisudawannya, yang dimana pada wisuda I sebanyak 37 orang dan pada wisuda II tahun ini menembus angka serratus yakni sebanyak 119 orang,” ujar Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Lanjut dikatakan Bupati Sanggau, dari tiga prodi dan tentu ini menjadi bagian yang sangat kita harapkan memberi motivasi.
“Karena Polnep ini cukup lama merangkak untuk diperkenalkan agar bisa mendapat mahasiswa, pada akhirnya saudara sekalian membuktikannya kalau PSDKU Polnep di Kabupaten Sanggau ini bukan abal-abal dan hari ini kita dapat melaksanakan wisuda II Mahasiswa-mahasiswi PSDKU Polnep Pontianak di Kabupaten Sanggau.,” tegas Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Kepada orang tua mahasiswa, lanjut Bupati Sanggau bahwa saya mengucapkan terima kasih sudah mempercayakan anak-anaknya untuk dapat kuliah di PSDKU Polnep di Kabupaten Sanggau ini.
“Harapan saya orang tua untuk dapat terus mensupport dan dapat menjelaskan kepada masyarakat Kabupaten Sanggau agar dapat kuliahkan anak-anak mereka di PSDKU Polnep di Kabupaten Sanggau ini,” harapnya.

Bagi saya, lanjut PH sapaan akrab Bupati Sanggau bahwa hari ini kalian sudah menyandang gelar Diploma III itu juga sudah luar bisa
“Mengapa?, karena sekolahnya kalian ini bukan targetnya untuk cari kerja formal-formal saja. Akan tetapi kalian lebih di dorong untuk dapat memanfaatkan ilmu yang sudah didapat dan untuk kemandirian kalian. Untuk itulah harapan saya kepada kalian semua jangan sedikit-sdikit stres belum bisa menjadi pegawai negeri, tetapi manfaatkan ilmu sudah kalian dapatkan saat kuliah,” pesan Bupati, Paolus Hadi.

“Sebagai contoh saja yang dimana di Kabupaten Sanggau paling besar investasinya adalah kebun sawit, dan kalian bisa menyediakan apa untuk sawit yang lebih mudah orang Sanggau mengelolanya. Untuk dodos saja, bukan orang Sanggau yang membuatnya, dan untuk pencacah daun saja kita masih beli di Pontianak. Saya dengar kalian sudah memulaikan itu. Ayo kembangkan, karena kalian dapat membuka celah-celah dunia,” katanya. (Andi)

error: Content is protected !!