banner 728x250

Alipius: Pemilu Tanggungjawab Seluruh Komponen

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Pengawasan Pemilu bukan hanya tanggungjawab Bawaslu tapi juga seluruh komponen masyarakat termasuk partai politik itu sendiri dan juga peran media massa.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua Bawaslu Kabupaten Sanggau Alipius saat membuka rapat koordinasi pengawasan verifikasi faktual partai politik peserta Pemilu 2024 yang digelar di aula salah hotel di kota Sanggau, Senin (17/10/2022).

banner 728x250

“Kerja-kerja pengawasan pemilu tidak terlepas dari kerjasama kita semua, termasuk partai politik dan juga media massa yang kami harapkan bisa menjadi corong informasi menyampaikan kepada masyarakat,” kata Alipius

Alipius mengungkapkan Bawaslu sebagaimana fungsi pengawasan yang diatur undang-undang, yaitu memastikan bahwa pelaksanaan tahapan pemilu bisa berjalan sebagaimana mestinya.

“Bawaslu harus memastikan bahwa tahapan, mekanisme dan prosedur kepemiluan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Maka ada kalanya kami berbeda pendapat dengan KPU dan itu sesuatu yang wajar. Oleh karena itu memang rakor seperti ini penting untuk menyatukan pemahaman agar pelaksaan pemilu dapat berjalan secara denokratis sesuai harapan kita bersama, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Sanggau, Amin Syukur menyampaikan peserta yang mengikuti rakor ini selain Bawaalu juga partai politik dan sejumlah awak media.

“Untuk narasumber dari Kepala bidang Pelayanan Pendaftaran Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sanggau, Nicodemus dan Iis Supianto Komisioner KPU Kabupaten Sanggau,” ujarnya.

Dia berharap, peserta yang mengikuti rakor diharapkan dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan terutama materi yang disampaikan oleh narasumber, guna meningkatkan pemahaman kita terkait pengawasan verifikasi faktual partai politik peserta pemilu 2024 dan hal-hal lain terkait kepemiluan,” pungkasnya. (Andi)

error: Content is protected !!