banner 728x250

Penguatan Promosi Wisata dan Kuliner di Kabupaten Sanggau

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Dalam rangka memperingati HUT Ke-77 Kemerdekaan RI, Pemerintah Kabupaten Sanggau melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata, melaksanakan Event Pancur Aji dengan perlombaan olahraga tradisional, seperti Panahan, Gasing, Sumpit dan Ketapel, yang dipusatkan di tempat Wisata Pancur Aji. Sabtu, (27/08/2022)

Selain perlombaan olahraga tradisional juga menghadirkan pagelaran seni budaya Sanggar Sang Suanang, Jurong’k Gong, Segentar Alam dan Simponk Tajau.

banner 728x250

“Dengan adanya event ini, kita dapat mempromosikan bahkan meningkatkan sector pariwisata di Kabupaten Sanggau”, tutur Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka saat membuka Event Pancur Aji, Sabtu (27/08/22).

Kukuh Triyatmaka mengatakan dengan terselenggaranya Even Pancur Aji ini, sebenarnya kita ingin mengenalkan atau ingin meningkatkan bagaimana sektor pariwisata itu bisa lebih prospektif ataupun meningkat kedepannya. Kita tahu bahwa objek-objek wisata di Kabupaten Sanggau itu banyak sekali, misalnya yang menjadi sasaran Bapak Bupati menjadi target RPJMD Pemerintah Daerah itu ada Pancur Aji dan Sipan Lotup, ujarnya.

“Ia  juga mengatakan, selain event olahraga tradisional, Kabupaten Sanggau juga memiliki event budaya yang diselenggarakan setiap tahun, seperti yang dilaksanakan pada hari ini, kita juga memiliki event budaya yang sudah ada didalam kalender tahunan Kabupaten Sanggau, seperti Gawai Dayak, Paradje, Cap Go Meh, itu semua tujuan nya untuk menarik masyarakat baik itu yang di Kabupaten Sanggau maupun di luar. Tentu itu semua banyak sekali potensi yang bisa kita capai, dari sektor ekonominya juga bisa kita tingkatkan,” Jelas Sekda Sanggau.

Kukuh berharap, Kabupaten Sanggau bisa mencontoh daerah lain bagaiman cara mempromosikan potensi wisata dan kulinernya.
“Di daerah luar yang pernah saya kunjungi, mereka selalu menampilkan event-event tahunan yang mereka laksanakan. Ketika ada pengunjung yang datang menghadiri sebuah event, mereka bisa melihat, bahwa di daerah ini di tanggal tertentu itu juga ada event yang berbeda, sehingga itu bisa menarik pengunjung untuk datang kembali dievent berikutnya. Tidak hanya event saja, tetapi mereka menampilkan objek-objek wisata, bahkan kulinernya, sehingga itu bisa menarik pengunjung untuk kembali. Oleh karena itu, harapan kedepan, Kabupaten Sanggau bisa mencontoh strategi seperti itu sehingga potensi-potensi wisata yang kita punya bisa terus meningkat,” harapnya. ( Andi)

error: Content is protected !!