banner 728x250

Sekda Sanggau : Pengibaran Bendera Itu Juga Merupakan Wujud Penghormatan Rakyat Indonesia

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Tak sampai sepekan lagi, Negara Republik Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang tepatnya pada tanggal 17 Agustus mendatang. Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Sanggau mengimbau masyarakatnya untuk mengibarkan bendera Merah Putih di halaman rumah dan halaman kantor masing-masing untuk menyemarakkan hari kemerdekaan yang ke-77 tahun ini.

Sekretaris Darah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka menuturkan bahwa, pengibaran Bendera Merah Putih tak hanya soal simbol kemerdekaan yang formalitas saja. Ia menambahkan, pengibaran bendera itu juga merupakan wujud penghormatan rakyat Indonesia kepada para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia 77 tahun yang lalu.

banner 728x250

“Ini simbol kemerdekaan Republik Indonesia. Kalau tidak ada kemerdekaan, kita bukan siapa-siapa, sebatas manusia biasa. Bapak-bapak disini belum tentu jadi Lurah atau Kepala Desa, sama seperti saya, juga belum tentu jadi Sekda,” ungkapnya saat menghadiri seremonial Gerakan Pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di Ruang Musyawarah lantai 1 Kantor Bupati sanggau, (12/8/2022).

Pada kegiatan ini, Pemerintah Kabupaten Sanggau membagikan ratusan lembar Bendera Merah Putih kepada masyarakat yang belum memiliki bendera, melalui Camat, Lurah, dan Kades.

Sekda Kukuh juga menyampaikan, pemasangan bendera Merah Putih ini benar-benar dilakukan dari hati. Menurutnya, stakeholder terkait harus gencar mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat.

“Ini tugas kita (Pemerintah kabupaten Sanggau) untuk mengedukasi masyarakat soal kebangsaan,” ujar Kukuh.

Pejabat tinggi Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Sanggau ini juga mengingatkan para Camat, Lurah dan Kades se Kabupaten Sanggau segera mendistribusikan Bendera Merah Putih kepada masyarakat yang belum mengibarkan bendera.

“Kepala wilayah pasti sudah tau mana masyarakatnya yang belum punya bendera. kalau yang mampu beli, tidak mungkin tidak pasang di halaman rumahnya. Karena sudah difasilitasi bendera, artinya tidak ada yang tidak mengibarkan,” tegasnya.

Kukuh Triyatmaka menyampaikan, meneruskan perjuangan para pejuang saat ini bukan lagi dengan perang senjata.

“Perjuangan kita saat ini adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia kita masing-masing. Kita harus mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang semakin maju,” pesannya. (Andi)

error: Content is protected !!