INFO PMI SANGGAU
JUMLAH KETERSEDIAAN DARAH PMI SANGGAU >>> GOLONGAN DARAHA : A = B= 0=
banner 728x90

Sosialisasi Pengelolaan Pegaduan Pelayanan Publik Melalui SP4N – Lapor Kecamatan Kapuas

Avatar photo



Wartakapuas.id Sanggau – Kegiatan Sosialisasi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Melalui SP4N – Lapor Kecamatan Kapuas, bertujuan untuk memberi pendampingan bagi para pejabat penghubung dalam memberi pemahaman dan aspirasi masyarakat melalui SP4N-Lapor yang transparan dan partisitipatif sesuai perundang-undangan yang berlaku.

“Dalam rangka memberikan pelayanan terhadap pengaduan dan aspirasi masyarakat, maka Pemerintah berdasarkan keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. 680 Tahun 2020 tentang Aplikasi Umum Bidang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, telah menetapkan SP4N-Lapor sebagai aplikasi berbasis web yang diperuntukkan bagi pemerintah dalam memberikan pelayanan atas pengaduan dan aspirasi masyakarat”, kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sanggau Joni Irwanto. Selasa, 14/7/2022)

Perlu diketahui bahwa sistem SP4N-Lapor terhubung secara langsung dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Kantor Staf Kepresidenan dan memperoleh pengawasan secara ketat oleh Ombudsman Republik Indonesia. Dengan demikian, aplikasi ini sangat penting dan akan sangat berpengaruh pada ukuran kinerja Pemda apabila pengaduan atau aspirasi yang disampaikan masyarakat tidak segera ditangani, katanya.

“Ia menegaskan kepada para peserta sosialisasi khususnya para pejabat penghubung yang ada pada masing-masing perangkat daerah agar bisa memahami substansi dari setiap pengaduan dan aspirasi yang disampaikan serta memberi tanggapan atau jawaban dengan kalimat yang sesuai serta bukti yang mendukung sehingga pelayanan yang diberikan bisa bermanfaat bagi masyarakat melalui media SP4N-Lapor ini”, tegas Joni

Kadis Kominfo juga berharap dengan adanya sosialisasi ini harus dimaknai secara baik bagi semua peserta sebagai panggilan untuk bagaimana memberi pelayanan publik yang transparan, akuntabilitas dan partisipatif bagi masyarakat di Kab.Sanggau. “Tidak semua orang berkesempatan menjadi administrator agar bertanggungjawab dalam menerima dan memberikan informasi kepada setiap orang yang membutuhkan demi mewujudkan Kab. Sanggau yang maju dan terdepan.” Harapnya. (Andi)