mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Patih Jaga Pati  Desa Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Ai’k Ceritakan Sejarah Raja Hulu Ai’k

Wartakapuas.id Ketapang – Patih Jaga Patih adalah seorang Patih di Kerajaan Hulu Ai’k yang terletak di Kecamatan Hulu Sungai bertempat di Laman Sengkuang.
Kabupaten Ketapang

Beliau adalah putra asli Dayak yang berasal dari Kec. Simpang Hulu (Dayak Kualan)
Yang dipesalin atau dinobatkan oleh Raja Petrus Singa Bansa sebagai Patih di wilayah Adat  Desa Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Ai’k

” Ia mengatakan bahwa tugas seorang Patih Jaga Patih salah satunya memastikan,menegakkan. serta menjaga Adat Budaya dan tradisi Bangsa Dayak di wilayah Adat Desa Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu.Ai’k tetap tegak dan berjalan sejak karosik Mula tumbuh tanah mula manjadi”, tuturnya. Sabtu (23/07/2022)

Patih Jaga Pati menceritakan sejarahnya, Raja Hulu Aik, dahulu dikenal dengan Raja Siak Bahulun, yang merupakan cikal bakal Kerajaan Tanjungpura Kuno. wilayahnya biasa dikenal dengan Laman Sembilan Domong Sepuluh, yang dahulu meliputi Serawak, Desa darat pantai kapuas (Sanggau, Sekadau dan sekitar), Ulu Landak, semua wilayah kabupaten Ketapang sekarang (Labai Lawai, Semandang Kualan, Simpang, Laur-Jokak, Bihak-Krio, Pesaguan Sekayok, Jalai Sekayok, Kendawangan Seakaran) hingga kalteng.

Didalam perjalanan tugas sebagai Patih Kerajaan Hulu Ai’k beliau mempunyai Tagline yaitu “Dayak Berdaulat” yang populer saat ini diseluruh wilayah Adat Desa Sembilan Domong Sepuluh Kerajaan Hulu Ai’K
Serta semboyan “dimana bumi dipijak disitu adat dijunjung”. (*)

error: Content is protected !!