banner 728x250

Bupati Sekadau, Aron membuka kegiatan Gawai Dayak XI Tahun 2022. Ini Pesannya

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Bupati Sekadau, Aron membuka kegiatan Gawai Dayak (PGD) XI Tahun 2022 Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat di Rumah Betang Youth Center, Jalan Panglima Naga, Rabu (13/7/2022) pagi.

Gawai Dayak di Kabupaten Sekadau baru di laksanakan kembali setelah dua tahun vacum akibat pandemi covid-19. Dimana dalam pelaksanaannya kali ini menggunakan adat sub suku Dayak Jawant yang digelar dari tanggal 13-16 Juli 2022.

banner 728x250

Bupati Sekadau, Aron mengatakan bahwa, gawai Dayak penting dilaksanakan karena kegiatan seperti ini disamping melestarikan adat istiadat dan bertemu tokoh masyarakat, juga sebagai wadah dalam mengangkat kembali tentang silsilah adat budaya, serta bermanfaat bagi perputaran ekonomi masyarakat. Karena memberikan wadah bagi pelaku UMKM untuk menjual produknya. Seperti warung kuliner, stand pameran dan berbagai jenis permainan rakyat.

“Orang nomor satu di Bumi Lawang Kuari ini juga menghimbau kepada peserta gawai serta pengunjung agar tetap mematuhi protokol kesehatan. Kita bangga karena gawai Dayak ini menjadi ajang kita melakukan refleksi budaya, ” kata Bupati Aron.

Aron berharap, ke depan event-event serupa dapat terus diselenggarakan di Kabupaten Sekadau. Agar dapat juga menampilkan kekhasan masing-masing sub suku yang ada di Kabupaten.

“Kita berharap melalui DAD Kabupaten Sekadau, bisa menggali dan mempromosikan adat dan budaya yang ada di Kabupaten Sekadau yang kita cintai ini. Walaupun Sekadau terdiri dari berbagai suka, agama, kami yakin kita tetap harmonis. Kami juga berharap kepada panitia pelaksana, tolong dimonitor kegiatan selama gawai berlansung agar tetap aman dan terterbit, ” Harap Bupati Sekadau Aron. (Andi)

error: Content is protected !!