banner 728x250

Bupati PH Ikuti Ritual Pembersih Negeri

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Bupati Sanggau, Paolus Hadi (PH) mengikuti ritual Tolak Ajong dalam serangkaian peringatan hari jadi ke-406 Kota Sanggau di Keraton Surya Negara, Kamis (31/3/2022)

“(Tolak Ajong) ini tradisi keraton yang dilestarikan, menurut saya ini luar biasa karena momen HUT Kota Sanggau ke 406 ini penting. Tolak Ajong ini ritual untuk membersihkan kota agar kota yang kita cintai ini terhindar dari mara bahaya. Sebagai penyuka budaya dan seni, (Tolak Ajong) ini sebuah budaya yang luar biasa,” kata Bupati Paolus Hadi.

banner 728x250

Pada kesempatan yang sama Raja Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Gusti Arman menyampaikan ritual ini untuk membersihkan dan melindungi negeri dari musibah dan bahaya.

“Misalnya wabah Corona, itu bisa kita ritualkan dengan Tolak Ajong ini. Tolak Ajong ini tradisi leluhur kita dan kearifan lokal yang tidak dilakukan ditempat lain,” pungkasnya.

Ritual adat ini juga diikuti Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka, Ketua Tim Penggerak PKK Sanggau Arita Apolina dan jajaran Forkopimda Sanggau. (*)

error: Content is protected !!