banner 728x250

Sekda Sanggau, Semoga Festival Pancur Aji tahun 2022 masuk dalam Calender of Event

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau  Kukuh Triyatmaka menghadiri sekaligus membuka Festival Pancur Aji dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Jadi ke-406 Kota Sanggau, bertempat di kawasan Wisata Pancur Aji Kota Sanggau, Kecamatan Kapuas. Sabtu (26/03/2022).

banner 728x250

Festival Pancur Aji dilaksanakan selama 2 (dua) hari mulai tanggal 26 Maret 2022 sampai dengan 27 Maret 2022 dengan berbagai perlombaan, diantaranya Lomba Panahan, Lomba Ketapel, Lomba Kuliner Khas Sanggau, Lomba Gasing, Lomba Sumpit, Atraksi Bepanak Ajatn, dan Lomba Kopi Tungku.

Kepala Disporapar Kabupaten Sanggau Libertus Toto Martono, menyampaikan bahwa festival Pancur Aji menjadi wadah bagi para peserta lomba untuk menyalurkan hobinya.
“Dengan adanya festival Pancur Aji ini dapat dijadikan wadah untuk menyalurkan hobi atau bakat. Oleh karena itu, diharapkan para peserta lomba yang berasal dari beberapa OPD serta komunitas ini dapat menyalurkannya,” ujarnya.

“Harapan kita Festival Pancur Aji ini dapat menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan sehingga dapat menjadi salah satu kegiatan yang masuk dalam Calender of Event kedepannya,” ucap Kepala Disporapar.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau Kukuh Triyatmaka, menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diharapkan dapat merangsang pergerakan ekonomi masyarakat serta mengembangkan keterampilan produksi kuliner khas Sanggau.
“Kegiatan ini selain bermaksud untuk kembali menstimulus pergerakan ekonomi rakyat juga diharapkan agar dapat menambah keterampilan pelaku usaha dan dapat mengembangkan produksi kuliner masing-masing peserta menjadi lebih baik di masa-masa yang akan datang,” ucapnya.

Sekda juga berharap bebagai kegiatan olahraga tradisional yang dilombakan dapat selalu dilestarikan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan serta menimbulkan kembali geliat pariwisata di Kabupaten Sanggau sesuai dengan branding pariwisata Sanggau yaitu Boh Ke Sanggau,” ujarnya.

“Harapan kita kedepan festival Pancur Aji tahun 2022 dapat masuk dalam Calender of Event yang ditetapkan mulai dari Pemerintah Daerah, Provinsi bahkan sampai ke Pemerintah Pusat. Tentunya karakter festival ini dapat dirumuskan bersama sehingga ciri khas kedaerahan di Sanggau tetap menjadi prioritas utama dalam pelaksanaan Festival,” ujar Kukuh Triyatmaka.

Usai pembukan Sekda Kabupaten Sanggau bersama tamu undangan berkeliling melihat aktivitas dari kegiatan lomba serta mencoba beberapa aksi yang dilombakan dalam Festival Pancur Aji tahun 2022. (Andi)

error: Content is protected !!