mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Pemkab Sanggau Ziarah ke Makam Raja-raja di Mengkiang

Wartakapuas.id Sanggau: Dalam rangka menyambut hari jadi ke-406 Kota Sanngau, Pemerintah Kabupaten Sanggau melakukan ziarah dan doa bersama di Komplek Pemakaman Raja di Mengkiang, Sabtu (26/3/2022).

Ziarah dipimpin Staf Ahli Bupati Sanggau bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia, Sofiar Juliansyah didampingi Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono serta kerabat Keraton Surya Negara Sanggau.

“Ziarah hari ini untuk mendoakan raja-raja dan tokoh masyarakat Sanggau sebagai pendiri Kota Sanggau. Ziarah ini juga sebagai pengingat akan kematian, sehingga kita harus siap-siap,” kata Sofyar Juliansyah.

Lanjut Sofyar, ziarah ini juga untuk mengingat kembali sejarah Kota Sanggau yang dulunya didirikan oleh raja-raja dan tokoh masyarakat yang berasal dari kerajaan di Mengkiang.

“Cikal bakal Sanggau dari kerajaan di Mengkiang, yang selanjutnya berpindah ke Kota Sanggau sekarang. Menurut sejarah dan Perda nomor 3 tahun 2016 yang telah disepakati oleh Pemerintah Kabupaten dan tokoh-tokoh masyarakat terbentuknya Sanggau itu pada hari Senin tanggal 3 April 1616 masehi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau, Sudarsono menambahkan, lahirnya Kota Sanggau pada tahun 1616 membawa banyak aset budaya bagi masyarakat, salah satunya situs budaya di Mengkiang.

“Karena itu, situs ini perlu kita jaga, kita lestarikan. Disini ada beragam budaya etnis, ada Dayak, ada Melayu dan lainnya. Sampai saat ini, kami dari Disdikbud sebagai instansi pembina membuka kesempatan kepada masyarakat untuk mengembangkan budayanya,” ucap Sudarsono.

Di Mengkiang, kata dia, bukan hanya situs budaya yang menjadi daya tarik, tapi juga ada pertunjukkan-pertunjukkan budaya. “Pertunjukkan budaya ini yang nanti bisa dikemas dengan baik selain ada ziarahnya,” tutup Sudarsono. (*)

error: Content is protected !!