banner 728x250

Sampaikan usulan Kades ke PLN, Wabup Ontot Harap Akan Ada Kabar Baik

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menyampaikan usulan sejumlah Kepala Desa untuk pelistrikan disejumlah Desa di Kabupaten Sanggau.

“Saya sampaikan kepada pihak PLN barusan dan juga bawa berkas-berkasnya dan sudah diterima untuk dikaji oleh pihak PLN,” ujar Ontot usai beraudiensi bersama sejumlah petinggi di PLN di kantor PT. Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Wilayah Kalimantan Barat, Jumat (18/2/2022).

banner 728x250

Berdasarkan data Pemerintah Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot sebutkan masih ada 14 ibu kota Desa dari 163 Desa di Kabupaten Sanggau yang belum teraliri listrik. Sedangkan berdasarkan jumlah Dusun untuk tahun 2020 hingga tahun 2021 sisanya kurang dari 200 Dusun lagi yang belum tersentuh jaringan listrik.

Wabup Ontot menambahkan, program pemasangan listrik ke desa tetap berlanjut walaupun jumlahya agak sedikit berkurang dari tahun ke tahun.

“Artinya kebutuhan listrik sudah semakin terpenuhi sehingga target untuk pemasangan jaringan listrik yang baru, mulai berkurang,” pungkasnya.

“Sementara itu rasio elektribilitas sesuai hitungan yang ada di kita (Pemerintah) sekitar 82 persen. Agak berbeda dengan hitungan PLN, dan hal itu akan kami singkronkan kembali untuk pengambilan kebijakan berikutnya terkait pengajuan listrik melalui pihak PLN,” ujar Wakil Bupati dua periode ini.

Orang nomor dua di Kabupaten Sanggau ini juga menyebutkan sejumlah kendala dalam proses pengadaan listrik PLN tersebut.

“Diantaranya itu masalah kondisi infrastruktur kita yang belum memungkinkan bisa dilewati mengangkut material. Kemudian jumlah penduduk di suatu Dusun juga tersebut juga mempengaruhi, karena ini nanti berkaitan dengan jumlah pelanggan PLN. Mereka punya perhitungan tersendiri soal ini,” jelas Wabup.

“Tadi pihak PLN juga jelaskan, untuk daerah yang transportasinya sulit dijangkau, listriknya masih menggunakan sistem pembangkit listrik tenaga surya PLST dan PLTMH yang nanti pengelolaannya juga oleh pihak PLN,” sambung Ontot.

Yohanes Ontot berharap akan ada kabar baik nantinya setelah pengajuan ini, karena akan mengurangi persentase jumlah Desa di Kabupaten Sanggau yang belum teraliri listrik.

“Pastinya masyarakat kita yang belum merasakan listrik PLN, kabar baik ini yang ditunggu mereka. Ini merupakan target kerja Pemerintah Kabupaten Sanggau yaitu ‘Sanggau Terang’ yang mendukung program Pemerintah pusat dalam menerangi Indonesia diseluruh penjuru tanah air,” harap Wabup Ontot. (Andi)

error: Content is protected !!