mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Pemkab Sanggau Salurkan Bantun Untuk Warga Yang Terdampak Banjir Melalui BPBD

Wartakapuas.id Sanggau – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau menyerahkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir yang diakibatkan curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini mengakibatkan beberapa Desa di delapan Kecamatan di Kabupaten Sanggau, Kalbar, mengalami banjir.

Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, Siron menyampaikan bahwa bantuan yang kita serahkah melalui BPBD ini merupakan bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau. Bantuan yang kita salurkan sampai tadi pagi untuk menambah bantuan dari lumbung desa yang ada di kecamatan dan sebagian bantuan sudah oleh pihak kecamatan  kemaren, kata Kepala BPBD Kabupaten Sanggau, Selasa ( 15/02/2022)
“Kalupun ada pemberitaan warga yang belum pernah mendapat bantuan dari pihak kecamatan, karena masih menunggu laporan dari desa   begitu juga dari kami pihak BPBD. Ketika ada berita bencana kami pasti turun  paling tidak kami Turunkan TRC ( Tim Reaksi Cepat ), untuk kejadian Banjir didesa  Balai Ingin ini baru tadi pagi datanya kita terima” tutur Kepala BPBD Kabupaten Sanggau.

Sedangkan untuk kecamatan Tayan Hilir bantuan diterima langsung oleh Camat Tayan Hilir Lupianus, adapun bantuan yang kita terima  seperti  Beras 75 kg, Mie instant 7 dus, Pop mie 7 dus, Minyak goreng 12 ltr, Makanan siap saji 3 dus, Lauk pauk siap saji 6 dus dan Obat obatan.

Sementara Kasi Pencegahan Bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau, Kristian Hendro menyampaikan bahwa bahwa saat ini kondisi banjir rata-rata sudah surut.

“Rata-rata sudah surut tapi ada dibeberapa Desa yang belum surut. Yang masih terendam banjir di Kecamatan Kapuas (Desa Mengkiang), Kecamatan Tayan Hulu (Desa Berakak dan Empirit),
Kecamatan Tayan Hilir (Desa Balai Ingin,”.

Hendro juga menjelaskan, untuk di wilayah Kecamatan Parindu sebanyak 18 KK yang terdampak, Kecamatan Bonti sebanyak 113 KK, Kecamatan Kembayan sebanyak 578 KK, Kecamatan Tayan Hulu sebanyak 501 KK, di Kecamatan Tayan Hilir sebanyak 400 KK yang terdampak banjir, Kecamatan Kapuas 40 KK,  kemudian di Kecamatan Toba dan Mukok masih dalam proses pendataan.

Lanjut Hendro, bahwa Pemkab Sanggau juga sudah menyerahkan bantuan di beberapa Kecamatan di Kabupaten Sanggau yang terdampak banjir.

Untuk itulah, Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap selalu waspada dan berhati-hati. Terutama yang bermukim di daerah yang rawan terjadinya Batingsor. (Andi)

error: Content is protected !!