mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Yohanes Ontot Menjadi Narasumber  Bekuduong IV Pemangkou Poyo Tonoh Hibun

Wartakapuas.id Sanggau – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menghadiri kegiatan Bekuduong IV Pemangkou Poyo Tonoh Hibun yang bertempat di Aula Wisma Tabor Kecamatan Parindu, Kabupaten Sanggau, Kalbar. Sabtu, (05/02/2022)

Wakil Bupati Sanggau yang juga sebagai Ketua Dewan Adat Dayak ( DAD) Kabupaten Sanggau hadir sebagai narasumber pada kegiatan Bekuduong IV Pemangkou Poyo Tonoh Hibun dengan Tema ” Masyarakat hukum adat dayak Hibun bersatu menuju sanggau bermartabat” .

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua DAD Kalimantan Barat Jakius Sinyor, Anggota DPRD Kalimantan Barat Fransiskus Suwondo, anggota DPRD Sanggau Timotius Yance dan Yuvenalis Krismono, Forkompincam Kecamatan Parindu, tokoh adat, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan bahwa masyarakat adat Hibun ini merupakan bagian dari masyarakat adat Dayak di Kabupaten Sanggau secara khusus dan Kalimantan Barat secara umum.

“Harapan kita setiap sub suku adat Dayak yang ada di dalam wilayah hukum adat, misalnya DAD Kabupaten Sanggau ini kita berharap mereka juga harus mempunyai lembaga yang kuat di internalnya. Tentu untuk mensupport lembaga DAD secara berjenjang baik kecamatan dan juga Kabupaten,” jelas Yohanes Ontot selaku Ketua DAD Kabupaten Sanggau.

Selaku Ketua DAD Kabupaten Sanggau, Yohanes Ontot juga berharap kontribusi masyarakat Hibun juga kita sangat berharap betul.
“Apapun bentuk kontribusinya dan kita tahu memang sampai hari ini masyarakat adat Hibun ini juga sangat luar biasa kontribusinya dalam rangka membangun daerah ini. Nah, kedepan mungkin dari berbagai formulasi yang dilakukan dalam pertemuan-pertemuan seperti ini kita berharap untuk lebih baik lagi, karena mereka juga sebagai mitra pemerintah. Selain mitra DAD Kabupaten dan provinsi tentu mitra kerja pemerintah daerah,” kata Wabup, Yohanes Ontot.

Terkait dengan pembangunan rumah betang, lanjut Yohanes Ontot selaku pemerintah daerah tentu bagaimana rumah betang tersebut menjadi simbol masyarakat adat.
“Dan pemerintah daerah tentu dalam kepemimpinan Bupati, Paolus Hadi dan Wakil Bupati Yohanes Ontot ini menjadi fokus kita dalam bagaimana kita mewujudkan Sanggau berbudaya dan beriman ini, tentu dari sisi berbudayanya. Kita akan support terus, akan tetapi persoalan yang kita hadapi adalah keterbatasan anggaran pemerintah daerah ini juga menjadi persoalan dan tantangan,” tutur Wabup Sanggau, Yohanes Ontot yang juga selaku Ketua DAD Kabupaten Sanggau.

Pada kesempatan yang sama Ketua DAD Kalimantan Barat Jakius Sinyor, mengucapkan selamat kepada Musyawarah Bekuduong IV Pemangkou Poyo Tonoh Hibun hari ini, tentu kita sangat mengapresiasi kepada Sub Suku Hibun, karena sudah ada kebulatan tekat merela untuk melakukan musyawarah ini.

“Tujuannya bagaimana kita menyatukan Sub Suku Dayak Hibun yang ada di Kabupaten Sanggau ini untuk melaksanakan musyawarah ini. Harapan Saya nanti apa pun yang menjadi kesepakatan mereka dalam musyawarah nanti, tentu akan menghasilkan suatu yang terbaik untuk program kerja kedepannya maupun terkait dengan budaya-budaya yang ada”, tutur ketua DAD Kalimantan Barat.

Saya juga mengucapkan terima kasih juga kepada pengurus, ketua panitia maupun peserta, semoga kegiatan hari ini berjalan dengan baik. Tutupnya. ( Andi)

error: Content is protected !!