banner 728x250

Opening di Webinar Nasional Pendidikan, Bupati PH : Memang sekarang digitalisasi, tapi status guru senior juga lebih penting

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Bupati Sanggau Paolus Hadi menuturkan, pentingnya memberikan perhatian khusus demi memperjuangkan status guru yang sudah lama mengabdikan dirinya untuk kemajuan dunia pendidikan.

Ia menerangkan, Pemerintah pusat memang membuka peluang melalui pengangkatan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), namun jika pembiayaan itu dibebankan kepada APBD Kabupaten maupun dana alokasi umum (DAU) sangat tidak mencukupi.

banner 728x250

“Kita kesulitan dalam keuangan, sehingga kami (Pemerintah Kabupaten Sanggau) harus merombak perencanaan anggaran yang ada. Harus mencari pengganti uangnya dari mana, karena dari dana alokasi umum (DAU) juga sangat terbatas,” ungkap Bupati saat opening speaker Dewan Pengurus APKASI di Webinar Nasional Pendidikan dan Launching Platform Sahabat Guru Kabupaten Kuburaya, di ruang VVIP Kantor Bupati Sanggau, (4/10/2021).

“Termasuklah keluhan para guru yang sudah senior mengikuti tes PPPK, tetapi tidak mampu bersaing dengan generasi yang baru sehingga perlu adanya perhatian khusus. Memang sekarang digitalisasi, tapi status guru senior juga lebih penting,” tambah orang nomor satu di Sanggau tersebut.

Menyikapi persoalan itu, ia mengaku pihaknya (Pemerintah Kabupaten Sanggau) juga sudah mengirimkan kepada Kemenpan RB untuk mempertanyakan apa bila nanti kalau ada sekolah – sekolah yang gurunya sudah cukup lama mengajar akhirnya kalah bersaing dengan generasi baru, ini akan menjadi masalah untuk para Bupati.

“Terima kasih, hari ini kita punya kesempatan untuk bisa menyampaikan soal status para guru senior. Kita semua berharap, agar pembahasan kita hari ini bisa disampaikan kepada pak Menteri PAN RB,” kata Bupati Sanggau selaku Koordinator Wilayah Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Provinsi Kalimantan Barat.

Hal tersebut disampaikannya karena sesuai dengan tugas dan fungsi APKASI yaitu menjadi mitra strategis pemerintah maupun lembaga lain yang memiliki visi yang sama dengan APKASI dalam memperjuangkan kepentingan dan aspirasi daerah. Apkasi juga merupakan lembaga yang diperhitungkan oleh berbagai kalangan.

“Seperti kita ketahui, kualitas sumber daya manusia sangat fundamental dalam menjaga masa depan bangsa dan pondasi kuat ditengah sengitnya persaingan regional dan global. Membangun sumber daya manusia secara merata melalui dunia pendidikan, itu salah satu fungsi APKASI,” tambahnya.

Pada kegiatan yang digelar secara virtual ini, Bupati Sanggau juga berpesan bahwa dalam perspektif pendidikan, guru sebagai komponen utama pendidikan harus mampu beradaptasi dengan metode pendidikan yang perlu dilakukan di era digitalisasi seperti saat ini.

Selain keahlian dan kecakapan mengajar, guru juga perlu melek dan cakap digital. Guru harus memiliki mindset yang tumbuh dan terbuka, mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform-platform pendidikan saat ini, melakukan pembelajaran jarak jauh, menguasai teknik-teknik mengajar yang baru, menggunakan learning management system, dan lain sebagainya.

“Inilah tantangannya, sesuai dengan tema kegiatan kita hari ini,” katanya.

Penulis: Chris TCG
Editor   : Andi

error: Content is protected !!