mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Pembukaan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Sanggau Meriah dan Khidmat

Wartakapuas.id Sanggau – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX Tingkat Kabupaten Sanggau di Kecamatan Balai Batang Tarang Tahun 2021 M/1443 H  dibuka secara resmi oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi, Yang di pusatkan di Stadion Gelora Tiong Kandang Batang Tarang, Selasa (28/9/2021).

“Kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXIX tingkat Kabupaten Sanggau ini berlangsung selama tujuh hari yakni dari tanggal 28 September sampai dengan tanggal 04 Oktober 2021”.

Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua LPTQ Provinsi Kalbar, Brigjen Pol (Purn) Andi Musa Sekretaris Daerah Kabupaten Sanggau, Kukuh Triyatmaka,  Ketua DPRD Kabupaten Sanggau, Jumadi,  beserta anggota DPRD Sanggau, Forkompimda, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Kakan Kemenag Kabupaten Sanggau, Mustaan, Ketua LPTQ Kabupaten Sanggau, H. Roni Fauzan, Ketua Panitia MTQ, Poheng Gew sekaligus selaku Camat Balai, Camat se-Kabupaten Sanggau, Para Kades, Para Dewan Juri, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Agama, serta seluruh Kafilah di masing-masing kecamatan se-Kabupaten Sanggau.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum MTQ Poheng Gew yang juga sekaligus selaku Camat Balai menyampaikan bahwa hari ini merupakan kegiatan pembukaan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2021 yang dilaksanakan di Kecamatan Balai.
“Selamat datang di Kecamatan Balai dalam rangka bersama-sama menyaksikan kegiatan pembukaan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2021 baik disaksikan secara langsung maupun melalui chanel youtube Diskominfo TV Sanggau dan pendengar setia RRI Sanggau. Melalui MTQ XXIX ini marilah kita mewujudkan yang tertuang dalam seven brand image Kabupaten Sanggau, yakni “Sanggau Berbudaya dan Beriman” dalam menuju Kabupaten Sanggau yang maju dan terdepan, serta membangun hubungan silahturrahmi sesama umat beragaman dan antar umat beragama harus terus terjalin,” kata Ketua Umum Panitia MTQ, Poheng Gew.

“Sebagaimana tema MTQ ini yakni melalui MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Sanggau di Kecamatan Balai Batang Tarang kita wujudkan masyarakat berjiwa Qur’ani, berakhlak mulia, harmonis, berprestasi dan bermartabat,” ucap Poheng Gew.
Ketua Umum MTQ, Poheng Gew juga menyampaikan rincian para kafilah yang mengikuti MTQ XXIX tersebut.
“Kafilah Tayan Hulu sebanyak 26 orang, Kafilah Tayan Hilir sebanyak 30 orang, Kafilah Toba sebanyak 21 orang, Kafilah Entikong berjumlah 18 orang, Kafilah Kembayan 29 orang, Kafilah Mukok 30 orang, Kafilah Sekayam 28 orang, Kafilah Noyan 9 orang, Kafilah Kapuas 32 orang, Kafilah Meliau 37 orang, Kafilah Bonti 15 orang, Kafilah Beduai 16 orang, Kafilah Parindu 32 orang, Kafilah Jangkang 23 orang dan terakhir Kafilah Balai 30 orang,” jelasnya.

“Dari jumlah itu, yang melaksanakan pertandingan di Balai sebanyak 172 orang, sementara sisanya 204 orang bertanding di Kota Sanggau. Untuk dewan hakim berjumlah 40 orang, rinciannya yang bertugas di Sanggau berjumlah 29 orang dan yang bertugas di Balai 11 orang,”

Bupati Sanggau Paolus Hadi memuji kekompakan warga Balai Batang Tarang dalam mensukseskan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten Sanggau Tahun 2021. Pujian itu dilontarkan Bupati Sanggau dalam memberikan sambutan pada acara pembukaan MTQ XXIX Tingkat Kabupaten yang berlangsung di Lapangan Glora Tiong Kandang Batang Tarang.

Orang nomor satu di Bumi Daranante ini juga menyampaikan bahwa meskipun MTQ merupakan gawai umat muslim, akan tetapi semua agama dan semua etnis yang ada di Balai Batang Tarang bahu membahu mensukseskan acara tersebut.
“Ini yang harus dicontoh oleh Kecamatan lain. Dan saya tahu, semua etnis disini kompak. Inilah yang dimaksud dengan harmonis dalam keberagaman,” ujarnya. (*)

error: Content is protected !!