mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Sosialisasi Kewaspadaan Dini Di daerah “Meningkatkan Peran Masyarakat Untuk Menjaring Informasi Dalam Upaya Cegah Dini Konflik”

Wartakapuas.id Sanggau – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot menghadiri Sosialisasi Kewaspadaan Dini Di daerah
“Meningkatkan Peran Masyarakat Untuk Menjaring Informasi Dalam Upaya Cegah Dini Konflik”  di Aula Kantor Camat  Entikong Kabupaten Sanggau dan dihadiri oleh KBO Satintel Polres IPDA Gunawan Carda, Danramil ETK May. Inf. Arman Sulistiono, Plt Camat Entikong Kosmas Yul, Kepala Badan Kesbangpol Antonius, Forkopimcam, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda serta Tamu Undangan Rabu, (15/9/2021).

Dalam Sambutan nya, Yohanes Ontot mengatakan bahwa Kesbangpol sebagai badan atau mitra pemerintah daerah dapat membantu memberikan edukasi serta sosialisasi mengenai cara pencegahan dan penjaringan Informasi-informasi yg berpotensi menimbulkan konflik.

“Kita semua berharap bahwa Badan atau Lembaga ini dapat membantu Pemerintah daerah dalam memberikan edukasi, sosialisasi mengenai informasi-informasi apa saja yg perlu disaring agar tidak menimbulkan keributan atau konflik yg fatal,” ungkapnya

Wabup Sanggau menambahkan keterlibatan pemerintah dan masyarakat harus terintegrasi karena semua nya harus juga melibatkan masyarakat. Oleh karena itu keterlibatan masyarakat secara langsung atau tidak langsung sangat dibutuhkan dalam membangun negeri ini.

“Kami juga sebagai pemerintah membutuhkan dukungan dan kerjasama dari masyarakat agar apa yg kita tuju dapat tercapai tentunya secara konstruktif. Orang boleh saja memiliki inovasi atau caranya sendiri tetapi harus terintegrasi serta bekerja sama dengan pemerintah. Harus ada komunikasi yg baik dengan pemerintah,” ucapnya

Yohanes Ontot juga mengatakan bahwa  tugas lembaga ini untuk membantu pemerintah yaitu mencari, mendengar, dan memperoleh informasi yg berkembang di masyarakat. Tugas kita hari ini sebagai masyarakat adalah menjaga ketertiban daerah dengan adanya koordinasi masyarakat dengan camat, kapolsek, danramil, kacabjari serta pemerintah daerah.

“Hari ini kita termasuk belajar juga bagaimana menjadi seorang intel. Berkenaan dengan itu, kita harus berkoordinasi agar semua informasi yg beredar dapat ditampung dan kita saring kembali. Bukan hanya pihak tertentu saja, tetapi masyarakat juga dapat membantu menjaga stabilitas daerah kita ini,” tegasnya

Wabup berharap masyarakat tidak terprovokasi akan informasi-informasi yg kurang valid. Pemahaman akan informasi yg masuk dapat disaring terlebih dahulu agar konflik tidak terjadi. Sinergitas antara masayarakat dan pihak yg berwenang dalam penertiban berjalan dengan baik. Sekaligus membuka kegiatan Sosialisasi Kewaspadaan Dini Di daerah “Meningkatkan Peran Masyarakat Untuk Menjaring Informasi Dalam Upaya Cegah Dini Konflik”

“Saya berharap hal-hal sepele yg menimbulkan konflik ini tidak terjadi lagi. Informasi itu perlu kita saring dulu apakah benar adanya demikian. Jangan mudah terprovokasi oleh orang luar. Masyarakat juga dapat membantu danramil, kapolsek, kacabjari sebagai mitra untuk menjaga ketertiban serta kemananan daerah kita ini. Mudah-mudahan dengan sosialisasi hari ini bisa kita pahami. Masyarakat dapat menjadi ‘intel’ ya. Artinya dapat menyelidiki informasi, memilah mana yg benar dan salah.  ,” tutupnya (Andi)

error: Content is protected !!