mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Ritual Adat Tolak Bala “Bakaua” IKSB Kabupaten Sanggau

Wartakapuas.id Sanggau – Wakil Bupati Sanggau, Drs. Yohanes Ontot, M.Si mengikuti ritual adat tolak bala “Bakaua”, yang mana diartikan dalam bahasa Indonesia yakni bernazar agar pandemi Covid-19 di Negara Indonesia, khususnya di Kabupaten Sanggau cepat berlalu. Kegiatan diselenggarakan oleh Ikatan Keluarga Sumatera Barat (IKSB) Kabupaten Sanggau yang dihadiri oleh Forkompimda Kabupaten Sanggau, Pangeran Ratu Surya Negara Sanggau H. Gusti Arman, M.Si, Kepala OPD Kabupaten Sanggau, Ketua IKSB Kabupaten Sanggau Akmal, SE, para Organisasi Kemasyarakatan, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan masyarakat Sumatera Barat di Kabupaten Sanggau. bertempat di Aula Hotel Carano Sanggau, Senin (5/7/2021).

Dalam hal ini Wakil Bupati Sanggau ketika mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah atas pelaksanaan kegiatan ritual adat tolak bala “Bakaua” ini yang diselenggarakan oleh IKSB.
“Ini merupakan salah satu dari visi dan misi pemerintah daerah, yang dimana PH-YO ini mendorong agar semua etnis harus mampu mengekspresikan dirinya, baik dari sisi seni budaya dan adat istiadatnya. Oleh karena itu, pada hari ini Padang sudah muncul kalaupun beberapa waktu yang lalu juga yang dimana di tahun-tahun sebelumnya sudah mereka lakukan. Akan tetapi pada hari ini juga secara istimewa ada tampilan khusus yang menjadi kebiasaan-kebiasaan asli masyarakat Sumatera Barat,” ujar Wabup Sanggau, Yohanes Ontot.

Wabup, Yohanes Ontot juga katakan yang dimana pada hari ini juga sekaligus mereka bernazar agar pandemi Covid-19 cepat berlalu.
“Mereka bernazar apabila pandemi Covid-19 ini berakhir maka tadi sudah dijelaskan bahwa mereka akan memotong Kambing. Nah, ini nazarnya dan harapan kita tentu hari ini mudah-mudahan Tuhan bisa mengabulkan permohonan ini dan kita semua berharap melalui ritual adat ini mudah-mudahan bisa terjadi apa yang kita harapkan,” tuturnya. (*)

error: Content is protected !!