banner 728x250 banner 728x250

Perluas Jaringan listrik, Wabup Ontot Berharap Program Ini Tetap Berkelanjutan

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Pemerintah daerah Kabupaten Sanggau mengapresiasi atas kerjasama PT Antam TBK – UBPB Kalbar dan PLN (Persero) dalam mewujudkan program pemerintah daerah. Oleh karena itu, Pemkab Sanggau terus berupaya untuk mendorong percepatan pembangunan infrastruktur bidang energi listrik melalui peningkatan kerjasama dengan PT Antam TBK – UBPB Kalbar dan PLN .

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot saat menghadiri peresmian Perluas jaringan listrik kerjasama PT Antam TBK – UBPB Kalbar dan PLN (Persero) TBK di desa Tanjung Bunut Tayan, Kabupaten Sanggau, Kalbar (17/1/2023)

“Ia menyampaikan bahwa penantian panjang masyarakat Desa di Tanjung Bunut Tayan yang meliputi Dusun Tengkuyung , Selutung dan Cinka selama bertahun-tahun sudah terwujud. Ini merupakan komitmen pemerintah daerah dalam
perwujudan  “Seven Brand Image” yakni salah satunya Sanggau terang’, terang Wabup

Wakil Bupati dua periode mengatakan bahwa dengan masuknya jaringan listrik di desa Tanjung Bunut Tayan, berharap mampu berdampak terhadap kesejahteraan masyarakat, karena Peran energi listrik bagi pembangunan di daerah sangat penting, sebagai penggerak roda perekonomian hingga peningkatan kualitas kehidupan masyarakat.

“jaringan listrik ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya terutama untuk mendukung dunia pendidikan dan mengakses informasi dan pelayanan dasar lainnya,”ujarnya

Sementara itu, Manager Keuangan dan Umum PT PLN UP3 Sanggau, Pahmi Anshori menyampaikan pemasangan listrik ini merupakan salah satu sinergi PT PLN bersama PT Antam, karena Kabupaten Sanggau dalam tingkat Elektrifikasinya paling tinggi 94% dibandingkan Kabupaten lainnya.

Anshori mengatakan bahwa capaian ini merupakan upaya Pemerintah untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap listrik, baik melalui jaringan PT PLN (Persero) maupun dan Pengembang listrik swasta (Independent Power Producer/IPP), terangnya.

“Luasan jaringan yang diinisiasi oleh PT Antam ini kami membangun kurang lebih 8,6 KM jaringan tegangan menengah dan 2,5 KM untuk jaringan tegangan rendah dan itu untuk melistrikan kurang lebih 180 pelanggan dengan daya 2.200 VA,”ujarnya.

Ini merupakan upaya PT antam berkolaborasi dengan kami sebagai peyedia, bila mana kita hanya bekerjasama dengan pemerintah tentunya Elektrifikasi ini bisa lambat dengan jumlah anggaran yang tidak sedikit. Dengan anggaran yang terbatas tentunya akan menjadikan itu hambatan dalam percepatan Elektrifikasi.

Fahmi Ansori juga menambahkan “Semoga dengan Hadirnya listrik ini menjadi semangat baru untuk masyarakat khususnya di Desa Tanjung Bunut Tayan”, ujarnya.

Dikesempatan yang sama, Manajer CSR PT Antam Munadji  menyampaikan PT Antam selaku Perusahaan milik Negara mengunakan program CSR dalam mendukung program pemerintah Kabupaten Sanggau yaitu salah satunya sanggau terang.

“Kegiatan ini akan terus kita lakukan dengan cara bertahap, karena ini merupakan program pemerintah Daerah”.

Elektrifikasi di Desa Tanjung Bunut ini meliputi Dusun Tengkuyung , Selutung dan Cinka dengan panjang 8,6 KM menegahoo dan 2,5 KM menegah rendah melalui program CSR PT Antam.

“Kami optimistis tentu saja target kedepannya makin banyak desa yang ada di Kabupaten Sanggau yang dapat menikmati listrik, ini bisa tercapai tentunya dengan dukungan semua pihak. Stakeholder dan juga dukungan semua pihak. Perlu upaya bersama untuk bisa menciptakan akses listrik yang merata bagi seluruh masyarakat tentunya di Kabupaten Sanggau”ujarnya. (Andi)

error: Content is protected !!