banner 728x250 banner 728x250

PH-YO Hadiri Ritual Ruwatan Bumi di Kabupaten Sanggau

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Ritual Ruwatan menjadi agenda rutin dari Paguyuban Pasundan yang didukung penuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau.

“Iyaa saya lihat 2 tahun kita tidak melaksanakan, dikarenakan pandemi dan hari ini kita laksanakan bersama-sama dengan cukup ramai. Ya hari ini kita mulai, saya kira ini terus bisa ditingkatkan kedepan,”

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sanggau, Paolus Hadi didampingi oleh Wakil Bupati Sanggau saat menghadiri Ritual Ruwatan Bumi Paguyuban Pasundan Sanggau di salah Hotel di Kota Sanggau, Kamis (29/12/2022).

Sebelum ritual berlangsung, Bupati Sanggau, Paolus Hadi dan Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot di arak sisinggaan atau Gotong Singa dari Kantor Dinas Pertanian Sanggau menuju tempat berlangsungnya ritual.

Paolus Hadi, selalu mendukung event-event adat dan budaya yang ada di Kabupaten Sanggau.

“Saya berharap kedepan hal-hal seperti ini bisa dilihat khalayak ramai, oleh orang-orang Sanggau. Mungkin dikemas dengan maksimal, terinformasi secara baik nanti. Mungkin nanti tempatnya juga mempuni orang bisa datang dan bisa menyaksikan,” harap Bupati.

Orang nomor satu di Bumi Daranante ini menyakini, Paguyuban Pasundan sudah memikirkan supaya adat budaya sunda bisa dikenal masyarakat Sanggau.
“Mungkin bukan di zaman saya, harapan saya di zaman-zaman akan datang semakin berani mengeksplore kebudayaan Indonesia, itu mimpi Sanggau,” ungkapnya.

Menurutnya kalau hanya melihat kebudayaan jangan melihat satu saja, tanpa melihat kebudayaan daerah luar.

“Nah harus kita juga mampu melihat budaya-budaya lain. Indonesia satu karena kita bhineka,” pungkasnya. (*)

error: Content is protected !!