banner 728x250 banner 728x250

300 Personel Polri dan Instansi Terkait Amankan Misa Natal  Tahun 2022

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Bupati Sanggau Paolus Hadi mengajak semua elemen masyarakat menjaga keamanan selama Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

Ajakan itu disampaikan Bupati Sanggau dua periode ini usai menghadiri Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2022 di halaman Mapolres Sanggau, Kamis (22/12/2022).

PH menyebut, Pemkab Sanggau telah melaksanakan rapat koordinasi bersama jajaran forum komunikasi pimpinan daerah (forkopimda), dan melaksanakan monitoring dalam rangka persiapan pengamanan dalam menyambut Hari Nataru.

Pengamanan Nataru, dikatakan PH, bukan hanya bergantung pada petugas kepolisian dan instansi terkait lainnya. Oleh karena itu, Bupati Sanggau dua periode ini berharap keterlibatan seluruh elemen masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan nyaman di masyarakat.

“Saya mengharapkan peran serta semua lapisan masyarakat dalam hal menjaga keamanan Nataru. Dalam hal pengamanan, kita jangan hanya bergantung kepada Polres dan Kodim saja, kita semua harus menciptakan rasa aman itu,” tuuturnya.

Sementara itu, Kapolres Sanggau Ade Kuncoro menyebut, apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan pengamanan Hari Raya Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan sandi Operasi Lilin Kapuas 2022. Operasi kepolisian terpusat ini akan berlangsung selama 11 hari, dimulai pada 23 Desember 2022 hingga  2 Januari 2023.

“Untuk pengamanan gereja saat misa Natal, sebayak 80 gereja di Kabupaten Sanggau menjadi prioritas pengamanan. Polres Sanggau menerjunkan 300 personel dan pengamanan juga dibantu instansi terkait,” kata Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Kapuas 2022 di halaman Mapolres Sanggau, Kamis (22/12/2022).

Selain pengamanan misa Natal, dikatakan Kapolres, pengamanan arus mobilisasi masyarakat menggunakan kendaraan juga menjadi target dalam Operasi Lilin Kapuas 2022.

“Kita tahu sendiri angka kecelakaan lalu lintas terbilang tinggi. Kita berharap dengan pengamanan jalan yang kita berikan, dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas sekecil mungkin,” ujarnya.

Polres Sanggau, Ade Kuncoro bilang, juga mendirikan pos terpadu di PLBN Entikong dan pos pengamanan yang tersebar di Kecamatan Kapuas, Kecamatan Parindu, Kecamatan Tayan Hulu (simpang Sosok) dan di Simpang Ampar, Kecamatan Tayan Hilir.

“Kita terjunkan 100 personel Polres Sanggau untuk menempati pos pengaman di sejumlah titik tersebut. Kita juga didukung personel TNI, Satpol PP, Dishub, BPBD dan tenaga kesehatan yang nantinya akan bergabung di pos pengamanan,” pungkas Kapolres (Andi)

error: Content is protected !!