INFO PMI SANGGAU
JUMLAH KETERSEDIAAN DARAH PMI SANGGAU >>> GOLONGAN DARAHA : A = B= 0=
banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Dapat Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD dari Kemendikbudristek RI, ini ungkapan Arita Apolina

Avatar photo

Wartakapuas.id Sanggau – Bunda Paud Kabupaten Sanggau Arita Apolina menyampaikan keinginannya bahwa penghargaan Wiyata Dharma Utama merupakan motivasi yang menjadikannya untuk berproses yang lebih baik, lebih kreatif dan inovatif.

Hal tersebut disampaikannya usai menerima Piagam Penghargaan Wiyata Dharma Utama dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Anwar Makariem, di Pendopo Gubernur Kalimantan Barat (16/11/2022).

“Itu harapan utamanya, terlebih untuk lembaga pendidikan anak usia dini di Kabupaten Sanggau, karena Pemberian Apresiasi Bunda PAUD ini merupakan upaya untuk merekognisi dan mengakselerasi peran Bunda PAUD dalam menggerakkan penyediaan layanan PAUD melalui Apresiasi Bunda PAUD,” ujar Arita saat ditemui wartawan.

Penghargaan yang diterimanya pada acara Pengembangan Anak Usia Dini Holistik Integratif dan Penghargaan Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2021 tersebut, diserahkan oleh
diserahkan langsung oleh Ketua Pokja Regulasi dan Tata Kelola Satuan Pendidikan Direktorat PAUD, Drs. Muhammad Ngasmawi.

Arita Apolina yang juga Bunda Literasi Kabupaten Sanggau tersebut menyebutkan salah satu tujuan pendidikan anak usia dini adalah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang lebih baik, mandiri, cerdas dan berakhlak mulia sejak dini.

“Maka dari itu, kita berupaya untuk mewujudkan visi misi Kabupaten Sanggau yang maju dan terdepan dimana putra-putrinya bersumber daya manusia yang cerdas, tertib dan tentu mempunyai visi misi yang luas untuk kabupaten sanggau,” ujar ibu empat anak ini.

Tak lupa, wanita yang biasa disapa Bunda Arita ini mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sanggau atas pencapaian anugerah ini.

“Teristimewa kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sanggau beserta seluruh jajaran di bidang PAUD yang telah bersama-sama berproses untuk meraih penghargaan Wiyata Dharma Utama, ” ucap Arita.

“Saya ucapkan selamat kepada Hj. Lismaryani selaku Bunda PAUD Provinsi Kalbar yang jua mendapatkan penghargaan ini, ” sambungnya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji berharap agar Bunda PAUD lebih aktif dalam memajukan segala aspek PAUD di Provinsi Kalbar.

“Kedepannya, kita harus memberikan perhatian lebih serius kepada tumbuh kembang anak, terutama usia anak 6 tahun kebawah karena perkembangan PAUD akan penting dalam mempersiapkan Generasi Emas,” ucap H. Sutarmidji dalam sambutannya.

Sutarmidji melanjutkan, dalam mempersiapkan Generasi Emas, anak-anak harus diajari menumbuhkan kearifan lokal, karena kearifan lokal dapat memudahkan komunikasi antara orang tua dan anak serta memajukan anak itu sendiri.

“Contohnya seperti mengajari atau menyemangati anak untuk mau makan ikan, jangan ditakuti-takuti anak untuk makan ikan. Ikan sangat bagus untuk pertumbuhan dan kecerdasan, ini yang harus kita terapkan. Selain ikan, berikan susu karena tidak hanya berdampak pada kecerdasan otak, melainkan dapat meningkatkan imunitas pada anak tersebut. Dua hal ini jika digerakkan Insya Allah akan melahirkan generasi – generasi yang sangat hebat dan SDM yang baik dan juga memperkuat imunitas pada tubuh,” pesan Gubernur untuk para orang tua. (Andi)