banner 728x250

Dubes Vatikan Thabiskan Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr. Valentinus Saeng

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau- Uskup Keuskupan Sanggau terpilih, Mgr Valentinus Saeng secara resmi ditahbiskan oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo (sebagai penahbis utama), Kardinal Ignatius Suharyo (penahbis pendamping 1) dan Mgr Giulio Mencuccini CP (penahbis pendamping 2) di Gereja Katedral Hati Kudus Yesus, Sanggau, Kalbar. Jumat (11/11/ 2022)

“Prosesi pentahbisan berlangsung khidmat dan dihadiri 34 Uskup di Indonesia, Uskup dari Sarawak Malaysia ribuan umat katolik di Keuskupan Sanggau, dan undangan baik eksekutif maupun legislatif dan pejabat lainya”.

banner 728x250

Uskup Keuskupan Sanggau yang baru ditahbiskan, Mgr Valentinus Saeng  mengucapkan terimakasih kepada Dubes Vatikan, Mgr Piero Pioppo yang berkenan menjadi penahbis utama dan Kardinal Ignatius Suharyo yang berkenan sebagai penahbis pendamping 1 dan Mgr Giulio Mencuccini sebagai penahbis pendamping 2 dan pada uskup yang hadir disini.

Selain itu, Uskup juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Sanggau dan Sekadau yang telah mendukung secara total acara ini. Ini menandakan bahwa antara Pemerintah dan Gereja dapat berkerjasama, dan ini sungguh sesuatu yang baik sebagai sebuah bangsa maupun sebagai umat beragama.

“Terima kasih juga kepada para panitia dan semua kelompok yang terlibat dalam acara ini. Juga kepada aparat keamanan, TNI Polri, Satpol PP, ormas, para donatur, Dishub, anggota koor, para misdinar, dan semua pihak yang terlibat. Tuhan membalas kalian,”jelasnya.

Mgr Saeng juga mengucapkan terima kasih kepada uskup emeritus Keuskupan Sanggau, Mgr Yulius Mencuccini. “Saya hanya ingin mengutip apa yang dikatakan oleh Vatikan, beliau adalah misionaris besar dalam hal karya disini. Umat di Keuskupan Sanggau bisa berada dalam keadaan seperti begini, karena beliau telah berkerja keras,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi mengatakan bahwa mewakili umat dan Pemkab mengucapkan selamat kepada Mgr Valentinus Saeng yang baru dithabiskan.

“Beliau sudah menyampaikan banyak hal untuk kita agar beliau kita dukung didalam doa dan kerja beliau. Tentu sebagai umat berharap, walaupun Mgr Valen tidak pernah menyangka untuk mendapatkan tongkat menjadi gembala yang memimpin kami, tapi kami percaya Mgr Valen adalah yang terpilih. Selamat bertugas,”katanya.

Kepada uskup emeritus Keuskupan Sanggau, Mgr Yulius Mencuccini yang selama 32 tahun sebagai Uskup Keuskupan Sanggau, PH sapaan akrabnya juga mengucapkan terimakasih.

“Sebagaimana yang disampaikan oleh Mgr Valen tadi, kami tahu karya Mgr Yulius. Terima kasih untuk semuanya, kami percaya Mgr Yulius tidak secepatnya meninggalkan tempat tercinta ini dan pasti tetap kembali bertemu dengan kami dan tentunya selalu mendoakan kita,”katanya.

PH juga mengucapkan terima kasih kepada para panitia, aparat keamanan dan semua pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. “Dan tentunya apa yang sudah kita buat untuk acara hari ini merupakan berkat yang berlimpah bagi kita semua,”katanya.

Uskup emeritus Keuskupan Sanggau, Mgr Yulius Mencuccini CP mengajak kepada seluruh umat di Keuskupan Sanggau untuk bersyukur kepada Tuhan, karena keuskupan Sanggau telah memiliki Uskup baru yaitu Mgr Valentinus Saeng CP.

“Mgr Valen adalah seorang yang kayak dengan bakat-bakat dan kemampuan nalar filsafat,  sehingga pasti bisa membumikan dan mengakarkan iman kristiani,”katanya.

Dikatakannya, sejak hari ini dan seterusnya, Mgr Valen mewakili Kristus sang gembala yang baik, yang membangun kawanan domba Allah dalam kebenaran dan kesucian, melayani dan mencintai sepenuh hati dengan dedikasi yang tinggi pada setiap kebutuhan umat beriman dan semua orang yang berkehendak baik yang tinggal di keuskupan ini.

Kepala Mgr Valen, ia mengucapkan selamat dan proficiat menjadi Uskup Keuskupan Sanggau. Semoga Mgr Valen menyerah diri secara total untuk menuntun umat Keuskupan Sanggau dijalan kebaikan menuju Allah.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kejadian Dubes Vatikan, Kardinal, para Uskup, para undangan dan umat Keuskupan Sanggau pada acara pentahbisan ini,”katanya.

Terima kasih tak terhingga juga kepada seluruh panitia, aparat keamanan, para donatur baik swasta maupun pemerintah khususnya Pemkab Sanggau dan Sekadau, dan semua pihak yang telah mensukseskan upacara pentahbisan Uskup Keuskupan Sanggau. “Semoga tuhan membalasnya dengan Rahmat yang melimpah,”ujarnya.

Sementara itu, Kardinal Ignatius Suharyo mengucapkan terima kasih kepada Uskup emeritus Keuskupan Sanggau Mgr Yulius Mencuccini CP yang sudah 32 tahun ikut merawat dan mengembangkan konferensi wali gereja Indonesia (KWI).

“Saya tidak bisa membayangkan untuk menjalankan peran beliau, beliau sebagai anggota presedium, sebagai dewan keuangan. Kehadiran beliau dilingkungan kami para anggota KWI selalu membawa kegembiraan,”katanya.

“Mengenai Mgr Valentinus Saeng, beliau itu lahir tanggal 28 Oktober, hari yang sangat penting untu sejarah Indonesia, hari sumpah pemuda, dan kemarin hari pahlawan. Dalam rangka mengucapkan memberi warna kebangsaan kepada peristiwa ini dan untuk mengakhiri sambutan saya, saya mengajak semua umat yang hadir untuk menyanyikan lagu Satu Nusa Satu Bangsa,”tambahnya.

Sementara itu, Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Piero Pioppo mengatakan bahwa merupakan dan suka cita besar bagi dirinya untuk dapat memberikan tahbisan Uskup Keuskupan Sanggau yang baru, Mgr Valentinus Saeng CP yang terkasih dan terhormat.

“Dan saya yakin bahwa perasan saya ini juga dimiliki oleh anda sekalian, para pejabat, para Uskup, para Imam, dan semua umat Allah. Sungguh Kristus sang gembala baik menghendaki tidak hanya untuk memberikan uskup yang baru dan muda bagi gereja lokal  yang terpandang dan luhur ini, tapi ia melakukannya dengan memilih seorang putra dari suku dayak, dan anggota terhormat dari kongregasi para imam pasionis,”katanya.

Dalam kesempatan ini juga, Mgr Piero Pioppo mengucapkan terimakasih kepada Mgr Yulius Mencuccini CP dan para imam, biarawati dan ketekis, orang awam yang berkomitmen serta orang-orang yang berkehendak baik yang seiring berjalannya waktu telah membangun sebuah gereja lokal yang indah.

“Saya mengucapkan terima kasih dengan sepenuh hati kepada Mgr Yulius Mencuccini, dan semoga teladan anda bersama dengan mereka semua yang telah merawat umat yang dikasihi tuhan, selalu menjadi berkat dan penyemangat bagi gembala baru,”katanya.

Kepada Mgr Valentinus Saeng, dengan tulus hati mengucapkan selamat sebagai sesama saudara, semoga dapat menjaga, melayani dan menghormati gereja lokal yang mulia ini dengan mengembangkannya lebih lanjut. (Andi)

error: Content is protected !!