banner 728x250

Diskes Sanggau Gelar Aksi Bergizi

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id-Sanggau- Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau menggelar aksi bergizi tingkat sekolah yang dilaksanakan di halaman SMPN 01 dan SMAN 02 Sanggau. Rabu (26/10/2022)

Pelaksanaan penggerakan masyarakat dalam aksi bergizi tingkat sekolah ini diikuti sebanyak 1052 siswa/i, yang terdiri dari 523 pelajar dari SMA Negeri 1  dan  529 pelajar dari SMA Negeri 2 Sanggau, yang dilakukan serentak secara nasional.

banner 728x250

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting menyampaikan bahwa aksi bergizi tersebut digelar dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-58 dan juga percepatan penurunan stunting.

“Aksi tersebut merupakan aksi serentak yang dilakukan secara nasional, dan Kegiatan yang dilaksanakan hari ini adalah senam bersama,  sarapan sehat bersama, sarapan yang bergizi menggunakan pangan lokal, minum tablet tambah darah untuk siswa/i  dan pemeriksaan hemoglobin bagi siswi untuk mengetahui berapa banyak yang anemia di sekolah,” kata Ginting, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau.

Ginting berharap kegiatan tidak berhenti sebatas Aksi Bergizi. Oleh karena itu, saya mengingatkan pihak sekolah agar rutin melaksanakannya, karena launching ini tidak hanya sekali kegiatan, tapi ini menjadi sebuah kebiasaan baik. Baik dilaksanakan di sekolah seoerti senam dibiasakan, minum tablet tambah darah serentak dibiasakan, ujarnya.

“Jadi tidak sendiri-sendiri dibawa ke rumah. Minum tablet tambah darah minimal sekali seminggu, atau 52 kali setahun untuk remaja putri. Begitu juga nanti untu pemeriksaan-pemeriksan HB kita lanjutkan. Jadi ini adalah launching,” terangnya.

Lanjut Kadis Diskes Kabupaten Sanggau, bahwa Aksi Bergizi di Sekolah juga tidak terlepas dari upaya menyongsong generasi emas Indonesia pada 2045 mendatang, karena generasi emas perlu kita persiapkan jadi tidak muncul tiba-tiba tanpa dipersiapkan sejak dini, karena Untuk menghasilkan generasi berikutnya adalah remaja yang sekarang.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 02, Silas menilai Aksi Bergizi di Sekolah merupakan kegiatan yang sangat postif bagi para pelajar. Oleh karena itu kami selaku tenaga pendidik berharap, kegiatan seperti ini  dapat dibiasakan bagi para pelajar. harapnya (Andi)

error: Content is protected !!