banner 728x250

Banjir  Mulai Menggenangi Beberapa Kecamatan di Kabupaten Sanggau

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau  –  Akibat curah hujan yang begitu tinggi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sanggau mencatat, banjir meluas di 5 kecamatan di Kabupaten Sanggau.

Kristian Hendro menyebut kondisi permukaan air Sungai Kapuas  menunjukkan kenaikan di 5 kecamatan: Mukok, Kapuas, Meliau, Toba, dan Kecamatan Tayan Hilir”, kata Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan Bencana BPBD Kabupaten Sanggau, Senin (10/10/2022).

banner 728x250

“Untuk dalam Kota Sanggau, Kelurahan Tanjung Kapuas, banjir mulai menggenangi ruas jalan Ensilat, dan jalan lingkungan Sungai Ranas dengan ketinggian kurang lebih 10 – 30 cm dari permikaan jalan, sedangkan, Kelurahan Beringin, banjir sudah menggenangi lingkungan perumahan warga di jl. Pangsuma dan lingkungan liku dengan ketinggian air kurang lebih 40- 80 cm dan belum ada rumah warga yang terendam”, jelas Hendro

Sedangkan untuk 5 Kecamatan yang terdampak banjir di pinggiran sungai kapuas, diantaranya Kecamatan Mukok, yaitu dusun Kedukul, dusun Ubai, dusun Malan 1 dan 2, desa Semuntai, desa Sei. Akar, desa Inggis dengan ketinggian 30 – 50 cm dari permukaan jalan.

Kecamatan Kapuas yang terdampak banjir meliputi desa Penyaladi ( Dusun Balai Nanga, Penyaladi Hilir, dan Penyaladi Hilir ) Banjir menggenangi jalan di area pemukiman warga dengan ketinggian 10 – 30 cm, Kelurahan Tanjung Kapuas ( Lingkungan Sungai Ranas dan Jalan Esilat ) Banjir menggenangi jalan di area pemukiman warga dengan ketinggian 10 – 50 cm, Kelurahan Tanjung Sekayam ( Jl. Pantai Sekayam ) Banjir Menggenangi Jalan dengan ketinggian 10 – 50 cm, Kelurahan Beringin banjir Menggenangi jalan pemukiman warga di Jl. Pamgsuma dengan ketinggian 10 – 80 cm, untuk lingkungan Liku Banjir menggenangi jalan pemukiman warga dengan ketinggian 10 – 40 cm, lingkungan Pudu, desa Sungai Muntik , desa Sungai Batu dan desa Sungai Alai.

Kecamatan Meliau yang terdampak anggota, desa Pampang Dua, dusun Lubuk Benuang, dusun Suak Kenyoak, dusun Tapang Sedendang, desa Kuala Buayan, dusun Kayu Ara, dusun Sengkuang Daok, desa Kuala Rosan, dusun Meliau Hilir.                        
Kecamaran Tayan Hilir yang terdampak banjir, desa Pulau Tayan Utara mulai di  banjir akibat tingginya permukaan air sungai kapuas dan menggenangi jalan di sekitar pemukiman warga dengan ketinggian 10 – 15 cm.

Kecamatan Toba yang terdampak banjir, desa Bagan Asam, dusun Mungguk banjir menggenangi pemukiman warga dengan ketinggian 20-30 cm.                 

Hendro juga menyampaikan bahwa sampai hari belum ada warga yang menggungsi akibat banjir.

Lanjut Hendro, Mengingat Prakiraan cuaca dari BMKG masih tingginya curah hujan di wilayah Kalimantan Barat dan kondisi beberapa Kabupaten di bagian hulu juga megalami Banjir maka TRC-BPBD menghimbau kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada. Jelasnya (Andi)

error: Content is protected !!