mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Ciptakan Kesehatan Lingkungan Demi Pencegahan Stunting

Wartakapuas.id Sanggau – Yohanes Ontot dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam upaya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, perlu adanya program-program seperti pembangunan jamban sehat.

“Program ini merupakan program yang luar biasa positif terutama berkaitan dengan kesehatan masyarakat dan lingkungan untuk merubah kebiasaan lama masyarakat dalam hal pembuangan air besar. ,” ujarnya pada saat Menghadiri Peletakan Batu Pertama Pembangunan Jamban Sehat dalam Rangka Percepatan Desa SBS (Stop Buang Air Besar Sembarangan) di Dusun Sanjan, Desa Sei Mawang, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau Selasa (24/05/2022).

Orang nomor dua di Kabupaten Sanggau ini juga berharap agar adanya keteraturan masyarakat dan kepedulian akan masalah lingkungannya sendiri.

” Mudah-mudahan dengan adanya pembangunan jamban sehat ini tidak ada kekhawatiran lagi bagi masyarakat akan kenaikan angka stunting. Semoga hal ini dapat menjadi kebiasaan baru bagi masyarakat terutama dalam pembuangan air besar,” Harapnya.

YO juga mengatakan bahwa program yang digalakan tersebut merupakan program yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Daerah terutama ke desa-desa.

“Program ini memang program yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesehatan lingkungan kepada masyarakat sehingga terlaksanalah sanitasi yang baik pula untuk mengatasi buang air sembarangan,” Pungkasnya.

Beliau juga menambahkan apabila dari desa-desa sudah teratur dan peduli akan lingkungannya maka tidak ada kekhawatiran lagi bagi Pemerintah Daerah akan bahayanya stunting ini.

“Kegiatan pada hari ini tentunya berkaitan dengan deklarasi ODF (Open Defecation Free). Kita berharap agar terimplentasi sanitasi yang baik sehingga penurunan angka stunting tadi dapat terlaksana dengan baik,” ucapnya.

Diakhir sambutannya beliau berharap agar apa yang telah dilaksanakan pada hari ini dapat berlanjut dan dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

“Saya berharap dari desa-desa ini kesehatan lingkungannya dapat betul-betul terjaga demi menurunkan tingkat stunting dan meningkatkan kesehatan masyarakat secara luas,” Tutupnya. ( Andi)

error: Content is protected !!