mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Baliya Tiakh Alqadri Nahkodai PCMI Kalbar Periode 2022-2024

Wartakapuas.id Sanggau – Musyawarah Daerah (Musda) ke-IV Dewan Perwakilan Daerah Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Provinsi Kalimantan Barat menghasilkan Ketua baru periode 2022-2024 yaitu Baliya Tiakh Alqadri yang sebelumnya di nahkodai oleh Dian Ratna Sari melalui proses musyawarah dan mufakat.

Diketahui, Baliya adalah alumni Pertukaran Kapal Pemuda Asia Tenggara dan Jepang (SSEAYP) tahun 2013 yang saat ini berdomisili di Kabupaten Sanggau. Sedangkan Ketua sebelumnya, Dian, adalah alumni Pertukaran Pemuda Indonesia dan Korea Selatan tahun 2014 yang berdomisili di Kota Pontianak.

Dinamika pelaksanaan Musda dan pemilihan Ketua DPD PCMI Kalbar itu berjalan lancar yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga selesai pukul 19.00 WIB di Gedung A Universitas Tanjungpura Pontianak. Musda organisasi alumni pertukaran pemuda antar negara itu dibuka oleh Kepala Bidang Kepemudaan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Barat, Yulsius Jualang.

Yulsius berharap, PCMI Kalbar tetap aktif dalam menggelorakan kegiatan kepemudaan diberbagai bidang. “Semoga melalui Musda dan pemilihan Ketua baru, PCMI Kalbar bisa tetap eksis dan menjalin sinergitas dengan OKP lainnya” kata Yulsius.

Aa, sapaan akrab Ketua terpilih mengaku senang dipercaya memimpin DPD PCMI Kalbar selama tiga tahun kedepan. Pasalnya, draft usulan komisi-komisi saat Musda tidak jauh berbeda dengan visi dan misi yang telah disusunnya saat mencalonkan diri.

“Dengan begitu, kepengurusan baru bisa menjalankan visi misi dengan menyesuaikan amanah dari hasil Musda IV” ujar Baliya yang juga merupakan alumni Fakultas Ekonomi Untan.

Baliya meminta dukungan semua anggota PCMI Kalbar baik yang berdomisili di Kalimantan Barat, luar daerah maupun yang sedang berada di luar negeri untuk dapat memberikan ide, saran, dan kritik dalam menjalankan roda organisasi dengan baik.

“Kita juga akan segera melaporkan kepengurusan baru kepada bapak Gubernur Kalbar melalui Disporapar Provinsi Kalbar yang telah mendukung PCMI selama ini” ungkap Baliya.

Untuk diketahui, PCMI adalah organisasi kepemudaan para alumni program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Sejak tahun 1975 hingga saat ini, lebih dari 130 orang anggota PCMI Kalbar yang pernah mengikuti program antara lain Pertukaran Kapal Pemuda Asia Tenggara dan Jepang (SSEAYP), Pertukaran Pemuda Indonesia Kanada (ICYEP), Pertukaran Pemuda Indonesia Australia (AIYEP), Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia (IMYEP), Pertukaran Pemuda Indonesia Korea Selatan (IKYEP), Pertukaran Pemuda Indonesia China (IChYEP), Pertukaran Pemuda Indonesia Singapura (SIYLEP), dan Pertukaran Pemuda ASEAN dan India (ASVI). (Andi)

error: Content is protected !!