mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Pulang bertarung disambut Bupati, Novianyanti atlit PON XX Papua asal Sanggau juga dapat 50 juta

Wartakapuas.id Sanggau – Kepulangannya ke kampung halaman, atlet tarung derajat asal Sanggau, peraih medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, Novianyanti disambut Bupati Paolus Hadi dan Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot, di halaman kantor Bupati Sanggau, Selasa pagi (19/10/2021).

Bupati Paolus Hadi menyebutkan, memiliki atlet berprestasi di tingkat nasional merupakan kebanggaan besar. Ia menambahkan, pihaknya tetap akan konsisten mendukung perkembangan olahraga di Bumi Daranante.

“Ini kebanggaan besar untuk Sanggau, punya atlet berprestasi di tingkat nasional. Karena langka nih, Sanggau bisa melahirkan seorang atlet untuk Kalimantan Barat dan (bahkan) meraih medali emas di PON. Kembali Sanggau bangga mengukir sejarah karena Novi, selamat dan sukses Novi, kata pencetus ‘Sanggau Bangga Mengukir Sejarah’ ini.

Pria yang akrab disapa PH ini mengatakan bahwa, turunnya hujan saat penyambutan Novi ini merupakan berkat lain dari Tuhan. Ia juga menyebutkan, peraih medali emas PON Bandung dan PON Papua ini merupakan bagian penting untuk Sanggau bangga mengukir sejarah.

Bupati Sanggau menerangkan bahwa Sumpah pemuda adalah momen penting bahwa seorang pemuda bisa mengharumkan daerahnya dan bangsanya. Pada momen ini, Novi adalah pemuda yang mengukir sejarah untuk Sanggau.

“Hujan itu berarti bersyukur dan bagus bahwa Novi memberi kesyukuran untuk tanah kita di sini. Kami ingin pencapaian ini menjadi simbol baik untuk anak-anak muda Sanggau. Apalagi sebentar lagi Hari Sumpah Pemuda, makanya saya beri selempang Pemuda Sabang Merah karena Sanggau mengukir Sekarah melalui Novi. Menurut saya mengukir sejarah itu sederhana, siapapun bisa melakukannya dari hal-hal kecil,” pungkasnya.

Sebagai apreasinya, orang nomor satu di Sanggau ini bersama Wakil Bupati Yohanes Ontot didampingi Ketua KONI Sanggau Ibrahim menyerahkan uang pembinaan sebesar 50 juta dari Pemkab Sanggau bersama KONI Sanggau, dan sejumlah donatur. Paolus Hadi sebut bonus ini hasil berdompu (gotong royong) dari berbagai pihak di Kabupaten Sanggau yang mengapresiasi prestasi Novianyanti.

“Di sini kita berikan penghargaan secara gotong royong, tidak dengan paksaan dan mereka semangat mendegar Novianyanti meraih medali emas pada PON XX Papua. Soal besar atau kecil itu relatif. Pada hari ini kami serahkan penghargaan tersebut kepada Novianyanti,” kata Paolus Hadi.

Di seremonial yang sama, Novianyanti mengaku bangga dan terharu bisa kembali merebut medali emas di PON. Sebelumnya, dia juga meraih medali emas cabor tarung derajat pada PON XIX di Jawa Barat.

“Sangat bahagia, terharu, bangga bisa mempertahankan medali emas di PON. Ini (medali emas) raihan yang berat, karena saya sudah berkeluarga, sudah punya anak,” ujar Novi.

Novi meraih medali emas setelah menumbangkan atlet putri tarung derajat kelas 50,1 kilogram dari Jawa Barat. Novi mengaku tidak ragu melawan atlet Jawa Barat, sebab sebelumnya mereka pernah bertemu saat Pra PON.

“(Lawan) yang berat itu dari tuan rumah Papua, karena dari sisi fisik mereka kuat-kuat,” ungkap Novi.

Penulis: Christ TCG

error: Content is protected !!