mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Wabup Sanggau Apresiasi kedatangan Menteri Perhubungan ke PLBN Entikong

Wartakapuas.id Sanggau – Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot bersama Forkompimda menyambut kedatangan Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dalam rangka peninjauan kesiapan penanganan kedatangan Pekerja Migran Idonesia (PMI) dan Warga Negara Asing (WNA) di wilayah perbatasan Entikong, Minggu (19/9/2021).

Hadir dalam kesempatan tersebut Anggota Komisi V DPR RI, Lasarus, Wakil Gubernur Kalbar  Ria Norsan beserta rombongan.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa dalam kesempatan tersebut dirinya melakukan evaluasi terkait persiapan penyambutan kedatangan PMI dan WNA yang masuk ke Indonesia melalui PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

“Kami datang di PLBN Entikong ini secara khusus atas perintah Presiden untuk memastikan lintas batas baik melalui udara, darat dan laut dapat berjalan dengan baik termasuk di PLBN Entikong, Kabupaten Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat ini,” ujar Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi.

Lanjut Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi bahwa Pemerintah harus mampu mendata jumlah PMI dan WNA yang melintas batas dengan kualifikasi kesehatan mereka dengan baik.
“Hal tersebut dilakukan karena kita tidak ingin adanya varian baru Covid-19 yakni MU dan Lambda SARS Cov-2 dan pemerintah Indonesia tidak ingin masyarakat terpapar jenis varian baru tersebut,” tegasnya.

Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi juga katakan pengawalan ketat pemulangan PMI itu sangat perlu dilakukan mulai dari pintu masuk hinga ke tempat asal para PMI tersebut.
“Karena dari hasil temuan beberapa PMI yang pulang dari negara tetangga ke negara kita (Indonesia), kebanyakan dari PMI itu tidak memiliki hasil tes Antigen dan Test PCR. Sehingga mereka-mereka yang tidak memiliki data PCR dan Antigen maka di PLBN langsung berikan mereka pelayanan PCR dan Antigen, agar dapat diketahui apakah mereka negatif atau positif Covid-19,” tuturnya.

Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot mengapresiasi dan menyambut baik kedatangan Menteri Perhubungan ke wilayah perbatasan Entikong.

“Sebagai pemerintah daerah kita sangat mendukung program Bapak presiden yang disampai oleh menteri perhubungan terkait dengan memastikan pelayanan terhadap Pekerja Migran Indonesia dan Warga Negara Asing yang masuk lewat PLBN Entikong. Tentu dalam hal ini terkait juga dengan  fasilitasi, Nakes, Vaksin dan kesiapan instansi terkait yang ada diperbatasan itu sendiri.” Jelasnya. (Andi)

error: Content is protected !!