mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Lantik Pengurus Bunda Literasi Kabupaten Sanggau, Begini Pesan Bupati Sanggau

Wartakapuas.id Sanggau – Bupati Sanggau Paolus Hadi, kukuhkan Pengurus Bunda Literasi Kabupaten Sanggau periode 2021-2024 serta menyaksikan Pengukuhan Bunda Literasi Kecamatan Se-Kabupaten Sanggau oleh Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Arita Apolina.

Bupati Sanggau Paolus Hadi meminta agar pengurus dapat membantu Bunda Literasi dalam mengkampanyekan budaya literasi (biasa membaca). Menurutnya, membudayakan orang untuk mau membaca dan mau mengembangkan dirinya, pengurus Bunda literasi tentu menjadi figur orang-orang yang dipercaya bisa mengembankan atau memperlihatkan kemampuannya.

Hal ini disampaikannya lewat sambutannya saat menghadiri pelantikan Pengurus Bunda Literasi Kabupaten Sanggau periode 2021-2024 di ruang rapat utama lantai 2 Perpustakaan Daerah Kabupaten Sanggau, Kamis sore (26/8/2021).

“Nah tentu harapan saya, semakin banyak masyarakat Sanggau yang mau membaca nanti baik dia langsung dengan buku yang ada di perpustakaan atau secara sistem dan juga ada yang mau menulis,” ujar orang nomor satu di Sanggau.

Paolus Hadi juga menambahkan untuk tiap Kecamatan juga harus punya pengurusnya sendiri untuk membantu Bundanya dalam menjalankan tugas.

“Karena ada target besar kita bagaimana penguatan sumber daya manusia melalui PAUD orang mulai mau membaca, orang menjadi pintar dan seterusnya. Jadi banyak kegiatannya untuk membantu bunda literasi yang berkoordinasi untuk kemajuan tentunya. Bagaimana Sanggau ini yang kita sebut maju dan terdepan sebagai manusia,” tambahnya.

Hal senada disampaikan Bunda Literasi Kabupaten Arita Apolina yang berharap jajaran pengurus bisa saling bekerjasama dalam rangka peningkatan literasi masyarakat.

“Yang pertama mengkampanyekan budaya membaca untuk semua kalangan terutama yang berkaitan dengan ide, kreativitas, dan inovasi serta memberikan motivasi kepada masyarakat,” harapnya.
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Sanggau,Sukri mengungkapkan, minat baca atau literasi masyarakat Sanggau masih rendah. Berdasarkan data pengunjung di Perpustakaan Sanggau sejak peresmian 21 Januari 2021 sampai dengan akhir Juli 2021 tercatat 2.234 pengunjung.
“Kalau kita rata-ratakan dalam satu bulan itu ada sekitar 319, dan apabila dirata-ratakan lagi untuk satu hari maka rata-rata 15 pengunjung perhari. Ini mungkin saja karena pengaruh pandemi ini ya, mudah-mudahan kalau tidak lagi pandemi pengunjung kita semakin meningkat,” ungkapnya.

Untuk koleksi bacaan yang dimiliki DKP Sanggau, beber Sukri yakni sebanyak 15 ribu judul buku dengan 34 ribu eksemplar.
“Kita juga punya perpustakaan digital dengan 258 judul dan 516 kopi, tahun ini untuk digital akan kita tingkatkan untuk 500 kopi melaui i-sanggu,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bunda Literasi Kabupaten Sanggau Arita Apolina, Sekretaris Daerah Triyatmaka didampingi Ketua DWP Christiana Sri Kusumastuti, para Camat Bunda-Bunda Literasi se-Kabupaten Sanggau.

Penulis : Eulrasia Kristi
Editor : Andi

error: Content is protected !!