mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Pemdes Binjai Dapat Bantuan Alsintan dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan).

Wartakapuas.id Sanggau – Pemdes Binjai mendapat bantuan berupa alat pertanian yang diserahkan lansung oleh anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melani secara simbolis dilakukan di Kantor Desa Binjai, Kecamatan Tayan Hulu, Kabupaten Sanggau, Senin (19/7/2021).

Alsintan berupa traktor roda-4, traktor roda-2, hand sprayer, cultivator atau alat tanam jagung dan pompa air ini merupakan bantuan dari Ditjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementerian Pertanian (Kementan).

Adapun kelompok tani yang menerima bantuan ini diantaranya Kelompok Tani Tanjung Jaya Desa Binjai, Kelompok Tani Sahawok Desa Pandan Sembuat, Kelompok Tani Peronggang Jaya Desa Sei Mawang, Kelompok Tani Sei Embacong Lestari Desa Maringin Jaya dan Kelompok Tani Swasempan Desa Maringin Jaya.

Tampak hadir anggota Komisi I DPRD Kalbar Fransiskus Suwondo, Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Sanggau Yeremias Marsilinus, Sekretaris Komisi II DPRD Kabupaten Sanggau Yuvenalis Krismono, Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin, Camat Tayan Hulu Inosensius Nono, Plh Danramil 1204-11/Tayan Hulu Peltu Lewi, Kapolsek Tayan Hulu AKP Suwarno, Kades Binjai Heriyanto, Ketua BPD Binjai Obedi Tua Sarumaha dan para kepala Kewilayahan di Desa Binjai.

Kepada wartawan usai penyerahan, anggota Komisi IV DPR RI Yessy Melania mengatakan, bantuan alsintan tahun 2021 yang diserahkan ini merupakan pengajuan dari kabupaten.

“Beberapa pengajuan ini sebelumnya telah kami sortir sesuai plot di Kementan. Dan puji Tuhan hari ini kami menyalurkan bantuan dari Kementan satu traktor roda-4, lima traktor roda-2 dan lainnya,” ujarnya.

Politisi Senayan dari Fraksi Partai Nasdem ini menyebut, bantuan ini adalah upaya dan prioritas serta langkah kongkrit dari Kementan untuk mendukung sektor pertanian di Kabupaten Sanggau. Apalagi Sanggau sudah ditetapkan sebagai salah satu kabupaten sentra pertanian. “Saya pikir perlu ini kita dorong dan kita jalin komunikasi secara bersama,” kata Yessy.

Politisi daerah pemilihan Kalbar 2 ini berharap, bantuan alsintan ini bisa memodernisasi pertanian di Kabupaten Sanggau. Supaya petani di Kabupaten Sanggau punya kesetaraan dengan petani-petani dari daerah lain yang memang sudah memanfaatkan hampir 100 persen alsintan untuk membantu aktivitas produksi pertanian.

“Harapan kita dengan diberikannya alsintan ini, bisa dimanfaatkan betul oleh para petani kita untuk menambah produktivitas pertanian. Saya berharap sinergitas ini bisa terus dipertahankan. Dan komunikasi baik ini bisa terus kita tingkatkan demi kemajuan pertanian di Kabupaten Sanggau,” ucap Yessy.

Sementara itu, Plt Plt Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan Perikanan Kabupaten Sanggau Kubin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementan yang telah banyak membantu alsintan dan sarana produksi pertanian (saprodi) ke Kabupaten Sanggau.

“Terima kasih kepada Kementan dan Bu Yessy, anggota Komisi IV DPR RI. Termasuk juga Pemprov Kalbar yang sudah membantu pertanian di Kabupaten Sanggau. Kami berharap bantuan-bantuan ini terus bergulir ke depan,” harapnya.

Pemkab Sanggau, kata Kubin, terus melakukan pembinaan dan pendampingan kepada petani untuk meningkatkan produksi pertanian dalam rangka mendorong program ketahanan pangan di Kabupaten Sanggau.

Pada kesempatan itu, Kepala Desa Binjai Heriyanto juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kementan dan anggota DPR RI Yessy Melania yang telah membantu alsintan untuk kelompok tani di Desa Binjai.

“Saat ini ada sembilan kelompok tani yang kami bina di Desa Binjai. Dan puji Tuhan hari ini kami mendapat bantuan satu unit traktor roda-4 untuk Kelompok Tani Tanjung Jaya,” katanya.

Heriyanto menambahkan, traktor roda-4 ini menjadi bantuan yang pertama kali diterima kelompok tani di Desa Binjai. Untuk itu, ia berharap ke depan kelompok tani di Desa Binjai bisa mendapat bantuan alsintan lainnya dari Kementan.

“Kami berharap Bu Yessy bisa terus memperjuangkan dan merealisasikan aspirasi masyarakat di Desa Binjai,” pungkasnya. (*)

error: Content is protected !!