banner 728x250

Buka Bimtek SPIP Terintegrasi, Ini Pesan Bupati Sanggau

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Bupati Sanggau, Paolus Hadi membuka kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sanggau. Kegiatan dipusatkan di Ruang Musyawarah Lantai II Kantor Bupati Sanggau, Rabu (24/8/2022).

Dalam kesempatan tersebut Bupati Sanggau, Paolus Hadi menyampaikan bahwa menurut Peraturan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2021 Sistem Pengendalian Intern (SDI) adalah proses yang integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan asset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

banner 728x250

“SPIP adalah system pengendalian intern yang diselenggarakan secara menyeluruh di lingkungan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Maturitas penyelenggaraan SPIP adalah tingkat kematangan SPIP dalam mencapai tujuan pengendalian yang meliputi kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,” kata Bupati Sanggau, Paolus Hadi.

Lanjut Bupati Sanggau, Paolus Hadi bahwa Kegiatan bimbingan teknis SPIP terintegrasi dengan maksud agar sesuai dengan misi ke 4 RPJMD Kabupaten Sanggau tahun 2019-2024 yaitu meningkatkan tata Kelola pemerintahan yang baik.
“Dimana misi ini dimaksudkan untuk membangun prinsip-prinsip pokok, pola pikir, sikap, perilaku, budaya dan pola tindak administrasi yang demokratis, objektif dan profesional serta pengembangan dan penerapan sistem pertanggungjawaban yang jelas, tepat, teratur dan efektif dalam rangka menciptakan keadilan dan kepastian hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik,” jelasnya.

Orang nomor satu di Bumi Daranante, mengatakan bahwa salah satu dari tujuh yang tertuang di dalam seven brand image adalah Sanggau tertib. Tertib yang saya maksudkan itu berlaku untuk pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Kabupaten Sanggau.
“Oleh karena itu, pada kesempatan ini kembali saya tegaskan kepada seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sanggau untuk dapat memahami, memaknai dan menjabarkan serta mengambil Langkah-langkah konkrit dalam mewujudkan Sanggau tertib tersebut,” tegasnya. (Andi)

error: Content is protected !!