mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250

Wabup Sanggau, Budaya untuk memperkuat jati diri kita

Wartakapuas.id Sanggau – Wakil Bupati Sanggau, Yohanes Ontot menyampaikan bahwa nilai budaya yang telah ditata oleh para leluhur menjadi penuntun masyarakat beradat dan berbudaya bahkan sebelum terbentuknya negara ini.

Hal itu disampaikannya pada saat menghadiri Peresmian Homing Pedagi, Minoh Abae Kone Homing Baoh ( Mindah Kakek, ke Rumah Baru) dan Bepantan’t ( Berdoa/bersyukur atas hasil padi yang kita panen pada tahun ini, dan meminta untuk tahun depan supaya hasilnya leboh baik lagi) di Dusun Kampuh Desa Kampuh Kecamatan Bonti, Kabupaten Sanggau, Senin (30/05/22).

“Pedagi ini punya cerita panjang untuk masyarakat adat dayak secara keseluruhan. Para leluhur harus kita ingat dan hargai. Masyarakat adat harus bisa menggali, menjaga dan memelihara nilai-nilai keluhuran yang menjadikan kita semua disini memiliki norma akan kehidupan,” ujarnya

Orang nomor dua di Kabupaten Sanggau ini juga berharap agar masyarakat Sanggau dapat saling menghargai dan memperkokoh nilai-nilai kebudayaan yang dapat menjadikan masyarakat semakin maju dan terdepan.

“Dengan tetap menghargai suatu budaya dan mempertahankan budaya yang ada maka di masa yang akan datang, kita berharap Sanggau ini menjadi Sanggau yang bermartabat, dapat menjadi masyarakat yang harmonis dan menjadi masyarakat yang kuat untuk mempersatukan setiap masyarakat apapun suku dan agamanya,” harapnya

Pria yang akrab di sapa YO ini menambahkan agar masyarakat betul-betul mampu memahami dan menjaga nilai keluhurfan dari sebuah budaya yang sudah ada untuk memperkokoh rasa persatuan antar masyarakat.

“Tentu cagar budaya seperti ini perlu dilestarikan dan dijaga betul-betul karena memang budaya ini menjadi sebuah kekuatan agar kita sebagai masyarakat adat ingat akan leluhur yang membentuk tatanan bermasyarakat sebelum adanya sebuah negara. Terlebih lagi jika kita mampu mengembangkannya, karena ini adalah sebuah situs cagar budaya masyarakat asli yang ada di tempat ini,” pungkasnya

Wakil Bupati Sanggau juga menegaskan agar seluruh ketua DAD Kabupaten Sanggau dapat peduli akan peninggalan-peninggalan kebudayaan yang sudah ada.
“Saya sebagai ketua DAD Kabupaten menginstruksikan kepada seluruh ketua DAD Kecamatan untuk peduli dan mempertahankan peninggalan-peninggalan seperti ini karena ini menjadi sebuah kekuatan karena budaya daerah dapat menjadi sebuah situs yang menjadi ciri khas yang melekat pada daerahnya masing-masing,”

Di akhir sambutannya, Yohanes Ontot menyampaikan bahwa ada banyak aspek yang perlu diperhatikan juga oleh Pemerintah Daerah dalam membangun Sanggau yang sejahtera.

“Pembangunan di Sanggau ini kita lakukan secara merata sehingga tidak menitik berat ke satu bagian. Kita membangun infrastruktur tetapi kita juga membangun manusia, SDM, dan kebudayaan serta keimanan masyarakat kita,” tutupnya. (Andi)

error: Content is protected !!