mgid.com, 605850, DIRECT, d4c29acad76ce94f
banner 728x250 banner 728x250 banner 728x250

Banjir di Sanggau Mulai Surut, ini Pesan Sutarmidji

Wartakapuas.id Sanggau – Banjir yang melanda Kabupaten Sanggau secara keseluruhan sudah mulai surut . Namun bukan berarti penanganan terhadap warga yang terdampak berhenti. Gubernur Kalbar, Sutardmidji meminta pasca banjir mendapat penanganan serius.

Kedatangan Gubernur Kalbar bersama rombongan, disambut sekertaris daerah kabupaten Sanggau Kukuh Triatmaka, serta Forkopimda seperti Dandim 1204/Sgu Letkol Inf Affiansyah, Kabag Ops Polres Sanggau AKP Rully Robin, Kejari dan Ketua Pengadilan Negeri sanggau dan kepala OPD, tampak mendampingi,Kepala BPBD Kabupaten Sanggau Siron, Kadis Kesehatan Sanggau Ginting, Kadis Bina Marga dan Sumber Daya Air John Hendri, serta pejabat lainnya di teras Kantor Bupati Sanggau. Minggu, (21/11/2021)

Sekda Sanggau Kukuh Triatmaka mengucapkan selamat datang kepada Gubernur dan rombongan di Bumi Daranante ini. sebelumnya saya menyampaikan salam dari Bupati dan wakil Bupati yang tidak dapat hadir karena ada kegiatan di luar kota.

“Sehingga saya atas nama Bupati, ditugaskan menyambut kedatangan bapak Gubernur dan rombongan,”ujarnya.

Dalam sambutannya, Sekda Sanggau melaporkan terkait masalah banjir yang melanda kabupaten Sanggau berapa pekan terakhir,  kini airnya sudah mengalami surut atau penurunan.

Fakta yang di peroleh melalui data BPBD Kabupaten Sanggau, bahwa pengungsi di Kabupaten Sanggau tercatat sekitar 8 ribu jiwa dan 10 ribu rumah, yang terdampak banjir yang tersebar di wilayah Kabupaten Sanggau

“Dalam hal ini,  kita sudah membentuk Pos Komando, yang dipimpin oleh Wakil Bupati Sanggau Yohanes Ontot dan Sekda Kabupaten Sanggau  Kukuh Triatmaka guna penanggulangan bencana alam,”ujar Kukuh.

Selain post komando, kita juga mendirikan dapur umum, guna memenuhi kebutuhan makan para pengungsi. Meskipun air sudah berangsur surut naman belum semuanya kembali ke rumah mereka. Tuturnya.

“Kedatangan Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji membawa ribuan paket sembako dari Presiden Joko Widodo yang akan diserahkan ke beberapa kabupaten yang terdampak banjir, salah satunya Kabupaten Sanggau”.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan, sebelumnya Presiden Joko Widodo mengalokasikan bantuan sebanyak 5.000 paket untuk Kabupaten Sintang. Pada saat rapat, dirinya melaporkan bahwa yang terkena dampak banjir tidak hanya Sintang, melainkan dari Kapuas Hulu, Melawi, Sintang, Sekadau dan Sanggau.

“Dua hari lalu saya dapat kabar dari Setneg (Kementerian Sekretariat Negara RI), bahwa Presiden Joko Widodo menambah bantuan untuk Kalbar menjadi 20.000 paket.” Kata Gubernur Kalbar  saat menyerahkan bantuan tersebut.

Setiap kabupaten yang terdampak banjir, lanjutnya, dialokasikan sebanyak 3.000. “Nah, 5.000 paket lainnya akan kita serahkan kepada kabupaten yang lebih membutuhkan,” jelas Gubernur.

Sutarmidji juga berharap Pemda Sanggau selalu memperhatikan warga yang terdampak banjir, walaupun banjir kian surut. “Kan ada rumah yang tergenang, sehingga mereka membersihkan rumahnya. Saat membersihkan rumah mereka kan tak kerja, itu juga jadi perhatian,” ujar Gubernur Kalbar.

Penulis: Aabalia
Editor   : Andi

error: Content is protected !!