banner 728x250

Hadiri peletakan batu pertama Gereja Katolik Sebandang, Wabup Sanggau : Program Pemerintah Tak Hanya Sebatas Infrastruktur

Avatar photo
banner 120x600

Wartakapuas.id Sanggau – Yohanes Ontot menuturkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sanggau saat ini bersama Tokoh agama mendorong masyarakat yang Budiman (Berbudaya dan Beriman) sesuai dengan Visi-Misi pemerintahan Bupati Sanggau Paolus Hadi bersama dirinya selaku Wakil Bupati Sanggau.

Wabup menyebutkan, tidak semua kepala daerah punya program khusus untuk pengembangan iman umat di daerahnya. Pasalnya setiap kelapa daerah punya program masing-masing disetiap kepemimpinanannya.

banner 728x250

“36 tahun saya pegawai negeri (di Kabupaten Sanggau), belum pernah ada program pembangunan tempat ibadah seperti ini,” ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sanggau ini saat menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Gereja St. Stefanus Martir di Stasi Sebandang Desa Lumut, Paroki Kristus Raja Toba Keuskupan Sanggau (16/11/2021).

Mengapresiasi semangat dan kekompakan umat Katolik Sebandang yang ingin mengembangkan iman dengan membangun rumah ibadah ini, Yohanes Ontot mengatakan bahwa pihaknya (Pemerintah Kabupaten Sanggau) melalui bagian Kesra berikan bantuan hibah sebesar 120 juta rupiah.

Wabup berpesan, umat Sebandang harus tetap kompak. Ia juga mengatakan, pembangunan gedung gereja ini harus didukung banyak pihak.

“Tidak hanya umat dan Pemerintah saja, untuk menambah anggaran banyak pihak perlu membantu. Di sini ada Perusahaan, bisa dialokasikan lewat CSRnya, ada anggota DPRD, ada donatur-donatur, ya sesuai kemampuannya,” sambungnya.

“Dan hari ini adalah satu contoh bentuk pembangunan sumber daya manusia dan keimanan tersebut. Kita lihat bahwa perencanaan dari umat setempat sudah matang, kita dukung kekompakan dan usaha umat di tempat ini. Swadayanya luar biasa dan harus dipertahankan kekompakan ini sampai gedung gereja ini berdiri,” ujar Ontot.

Pria yang akrab di sapa Pak Yo ini menyampaikan, program pemerintah tidak hanya sebatas pembangunan infrastruktur saja, melainkan sumber daya manusia dan keimanan masyarakat juga harus jadi perhatian pemerintah. Ia mencontohkan ada sejumlah point yang berkaitan dengan visi misi masa Pemerintahannya saat ini.

“Membangun SDM, membangun iman itu tidak gampang. Maka dari itu, Pemerintah juga memprioritaskan pembangunan tempat ibadah seperti Gereja, Masjid. Begitu juga dengan kebutuhan kebudayaan, katanya.

Wakil Bupati Sanggau dua periode ini menjelaskan, pentingnya pengembangan sumber daya manusia ini sangat berpengaruh dengan kualitas manusia untuk membangun daerahnya di era berikutnya. Pihaknya telah merealisasikan program Sanggau Pintar diantaranya dengan program beasiswa kepada mahasiswa Unitri Malang, membangunun PSDKU di Sanggau dan sudah wisuda untuk angkatan pertama. (*)

error: Content is protected !!